Rabu, 20 Januari 2021

Kabut Asap Makin Pekat di Aceh Barat, 8 Pelajar Dilarikan ke Puskesmas

Kabut Asap Makin Pekat di Aceh Barat, 8 Pelajar Dilarikan ke Puskesmas

Foto: Kebakaran lahan di Aceh Barat telah membuat kabut asap makin pekat. Sebanyak 8 pelajar MTS dilarikan ke puskesmas karena terpapar kabut asap. (ilustrasi/ist)

Meulaboh, Swamedium.com — Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Barat, Aceh semakin parah. Kabut asap yang ditimbulkannya telah memakan korban 8 pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) Cot Seumeureung, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat.

Banner Iklan Swamedium

Ke delapan pelajar itu dilarikan ke Puskesmas Samatiga karena mengalami sesak nafas akibat menghirup asap pekat yang mengepung lingkungan sekolah.

“Pagi tadi mereka dibawa oleh pihak sekolah karena sesak nafas, kemudian kita tanggani. Beberapa diantaranya bisa langsung pulang dan ada juga yang mesti harus di rawat inap,” kata Lola Alfira, salah seorang petugas medis di Puskesmas Samatiga, di Meulaboh, Rabu (26/7).

Kabut asap yang menyelimut Aceh Barat ini sudah berlangsung beberapa hari ini. Banyak warga mengalami sesak nafas akibat terpapar kabut asap.

Seperti diberitakan antaranews, M Nasir, salah seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Pante Cermen menyebutkan , saat ini pemukiman yang berjarak lebih 60 kilometer dari ibu Kota Meulaboh itu sudah dikepung kabut asap sejak Selasa (25/7) malam.

“Asapnya sudah sangat parah. Pagi ini kami di sini sudah begitu merasakan. Padahal di sini tidak ada kebakaran lahan dan hutan, mungkin dari wilayah kecamatan lain di bawa angin kemari,”sebutnya via telepon selular.

Sementara itu hingga pukul 11.30 WIB, pesawat udara water bombing yang sudah landing di Bandara Cut Nyak Dhien, belum melakukan pengeboman air, padahal sudah satu hari berada di wilayah Aceh.

Menurut keterangan dari Kepala BPBD Aceh Barat, Teuku Syahluna Polem, pesawat bom air milik BNPB tersebut baru mulai melakukan pengeboman air di kawasan titik terjadi kebakaran lahan dan hutan setelah waktu zuhur wilayah Aceh.

“Ini masih persiapan, nanti mungkin habis zuhur baru dimulai melakukan pengeboman air. Nanti kami kabari lokasi mana yang dituju oleh Helikopter bom air,” katanya. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita