Rabu, 20 Januari 2021

Nama Ismail Yusanto Dijadikan Pemohon Gugatan Perppu Ormas

Nama Ismail Yusanto Dijadikan Pemohon Gugatan Perppu Ormas

Foto: Kuasa Hukum HTI Yusril Ihza Mahendra bersama Jubir HTI Ismail Yusanto. (Okezone)

Jakarta, Swamedium.com — Saat sidang perdana Uji Materi Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang No 2 tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan (Perppu Ormas) di gedung Mahkamah Konstitusi (MK) di Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, sempat mengemuka soal Legal Standing (kedudukan hukum) HTI sebagai pemohon.

Banner Iklan Swamedium

Seperti diketahui, saat HTI mendaftarkan gugatan uji materi perppu ke MK saat itu masih resmi berbadan hukum perkumpulan. Tapi saat sidang gugatan uji materi dimulai pada hari Rabu (26/7) saat ini HTI sudah dibubarkan badan hukumnya oleh pemerintah sejak tanggal 19 Juli kemarin. Ini artinya, HTI sebagai badan hukum pemohon ke MK sudah tidak bisa mengajukan karena HTI sudah dibubarkan pemerintah.

Baca Juga: Sidang Perdana di MK, Yusril Perbaiki Pihak Pemohon Gugatan Perppu Ormas

Sidang perdana itu menghadirkan pemohon, Ismail Yusanto, jubir Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang diwakili oleh Yusril Ihza Mahendra selaku kuasa hukumnya.

Yusril Ihza Mahendra selaku kuasa hukum HTI pun akan merubah legal standing pemohon dalam lanjutan sidang Uji Materi di MK selanjutnya sesuai nasehat dan masukan dari Majelis Hakim MK yang dipimpin oleh Hakim Ketua, Arief Hidayat.

“Setelah mendengar nasihat dan masukan dari hakim tadi, maka kami akan merubah legal standing pemohon. Bukan lagi atas nama pemohon HTI, melainkan atas nama pemohon, Ismail Yusanto selaku perorangan yang mengajukan permohonan uji materil perppu ini,” ujar Yusril.

Persoalan legal standing ini penting, karena menurut Yusril jangan sampai proses sidangnya sudah berjalan sampai terakhir, nanti malah bermasalah soal badan hukum pemohon yang sudah dibubarkan.

“Kami akan lakukan perubahan administrasi pemohon sambil merapihkan berkas lainnya yang diminta majelis hakim. Sampai nanti sidang berikutnya dimulai lagi,” pungkas Yusril. (Ima)7

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita