Selasa, 19 Januari 2021

APT2PHI: Kisruh Beras PT IBU Rugikan Citra Pemerintahan Jokowi

APT2PHI: Kisruh Beras PT IBU Rugikan Citra Pemerintahan Jokowi

Foto: Ilustrasi (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Ketua Umum Asosiasi Pedagang dan Tani Tanaman Pangan dan Hortikultura Indonesia (APT2PHI) Rahman Sabon memperingatkan tindakan Satgas Pangan Polri yang menggerebek gudang beras milik PT Indo Beras Unggul (IBU) bisa memicu inflasi. Tindakan itu justru membahayakan pemerintahan Joko Widodo.

Banner Iklan Swamedium

“Hal itu akan berimbas pada sentimen pasar dan ketakutan pedagang beras grosir, sehingga akan mengerek inflasi tinggi,” tegas Rahman Sabon. Rabu (26/07) yang dikutip media.

Seperti diketahui, gudang beras milik PT IBU, produsen beras ‘Ayam Jago’ dan ‘Maknyuss’ di Bekasi, Jawa Barat, pekan lalu digerebek polisi karena dianggap mengoplos beras subsidi jadi beras premium. Selanjutnya ditemukan fakta-fakta kejanggalan dalam tindakan aparat negara tersebut, sehingga menuai protes banyak pihak.

Menurut Rahman, inflasi tinggi bisa terjadi karena beras adalah kebutuhan pokok masyarakat.

“Citra pemerintahan Jokowi pasti akan terdampak, dan posisi pemerintahan bisa berbahaya,” kata Rahman.

Dia mengingatkan, penanganan kasus beras Maknyuss dan gencarnya pemberitaan kasus PT IBU dapat berimplikasi pada kepanikan pasar dan stabilitas harga karena terjadi kelangkaan beras yang dipicu oleh ketakutan para pedagang pangan antar pulau yang dituduh menjual beras oplosan.

“Hentikan publikasi yang berlebihan ini dan segera diproses untuk dibawa ke pengadilan jika memang melanggar,” jelas Rahman.

Terkait hal itu, Rahman berharap Satgas Pangan jangan bertindak sebagai wasit dan pemain agar publik tidak menilai telah terjadi konflik kepentingan dalam kasus ini.

“Perlu saya ingatkan bahwa tujuan kebijakan harga oleh pemerintah tidak sekedar untuk stabilisasi harga pangan, tetapi harus berpengaruh pada langkah bagaimana bisa menurunkan angka kemisikinan di Indonesia,” tegas Rahman. (maida)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita