Selasa, 19 Januari 2021

Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Nelayan Cirebon Tidak Melaut

Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Nelayan Cirebon Tidak Melaut

Foto: ilustrasi (ist)

Cirebon, Swamedium.com — Cuaca ekstrem melanda wilayah Utara pulau Jawa yang mengakibatkan gelombang besar. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatiwangi, Majalengka memprediksi, wilayah III Cirebon dilanda angin kencang dua hari ke depan. BKMG pun mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat beraktivitas.

Banner Iklan Swamedium

Ahmad Faa Izyin, Prakirawan Cuaca BMKG menjelaskan, angin kencang yang melanda wilayah Cirebon dan sekitarnya disebabkan banyak daerah bertekanan rendah di selatan Pulau Jawa. Kondisi ini yang menyebabkan penarikan angin yang berasal dari wilayah utara Indonesia yang bertekanan tinggi ke daerah selatan.

“Ini karena ada Badai Tropis Sontha di perairan Vietnam sehingga menyebabkan gelombang air laut yang tinggi,” kata Faa Izyin seperti dikutip Radar Cirebon, Selasa (25/7) lalu.

Pihaknya meminta kewaspadaan masyarakat khususnya para nelayan. Sebab, angin kencang juga menyebabkan adanya gelombang laut setinggi dua meter di perairan Laut Cirebon. Meski kondisinya demikian, untuk dua hari ke depan, cuaca diperkirakan cenderung cerah berawan.

“Untuk dua hari ke depan akan terjadi angin kencang. Hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas masyarakat. Untuk itu masyarakat diminta hati-hati, terutama para nelayan. Jangan melaut dulu,” pungkasnya. (Dip)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita