Senin, 18 Januari 2021

Pengamat: Madura jadi Penentu Pemenang Pilgub Jatim 2018

Pengamat: Madura jadi Penentu Pemenang Pilgub Jatim 2018

Foto: Dosen Univ Trunojoyo Madura dan juga peneliti SSC, Surokim Abdussalam. (Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com — Pulau Madura akan berpotensi menjadi penentu hasil dalam Pilgub Jatim 2018 mendatang seperti pilgub sebelumnya.

Banner Iklan Swamedium

Menurut Dosen Univ Trunojoyo Madura dan juga peneliti SSC, Surokim Abdussalam, hal ini tidak terlepas dari faktor geopolitik, kultur dan juga praktik pemilu di Madura.

“JIka kandidat yang bertarung nanti beda dan jarak elektabilitasnya tipis, maka pemilih Madura akan bisa menentukan hasil Akhir. Mengapa? Karena sumbangan suara pemilih dari Madura bisa mencapai 18 hingga 20% suara. Jumlah suara itu sangat menentukan hasil akhir kontestasi electoral Jatim,” ujar Dosen Komunikasi Politik UTM di Surabaya, Kamis (27/7).

Selain itu suara pemilih di Madura juga rentan dimobilisasi. Suara pemilih Madura cair dan bisa berubah pada detik detik akhir perebutan pengaruh tokoh kunci. Hal ini salah satunya karena faktor politik anut grubyuk, politik tabik dan patuh pada patron.

“Pemilih Madura sebagian besar masih belum independen karena adanya patron yang kuat, khususnya tokoh agama, tokoh informal, dan tokoh pemerintahan masih tinggi yang bisa memengaruhi pergerakan suara di Madura sangat fluid dan cair di menit menit akhir,” tambah Surokim.

Hal ini pula, kata Sukorim, yang membuat prediksi hasil pemilu di Madura menjadi sulit dan rumit. Selain itu, lanjut Sukorim, harus ada kesungguhan dari semua pihak untuk meningkatkan jumlah pemilih rasional di Madura.

“Perlu banyak lembaga ekstra pengawas pemilu baik yang tumbuh dari masyarakat maupun dari luar agar pemilu di Madura bisa berlangsung fair dan jurdil,” tutupnya. (Ari)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita