Selasa, 26 Januari 2021

200 Hektare Lahan Terbakar di Tanjung Jabung Barat Jambi

200 Hektare Lahan Terbakar di Tanjung Jabung Barat Jambi

Foto: 200 hektar lahan kosong terbakar di Tanjung Jabung Barat, Jambi, Kamis (27/7) sore. (halojambi)

Jambi, Swamedium.com — Sekitar 200 hektar lahan terbakar di Parit 7, Dusun Sentosa, Desa Tungkal Satu, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kamis (27/7) sore. Diduga kebakaran dipicu akibat adanya warga membakar sampah.

Banner Iklan Swamedium

Seorang saksi mata, Hardi (35) mengungkapkan, lahan yang terbakar milik Anang Helmi, warga setempat. Lahan itu ditumbuhi pohon nipah. Luasnya lahan yang terbakar, menimbulkan kabut asap tebal yang membuat warga sesak nafas.

“Kami melaporkan kebakaran ini kepada pemadam kebakaran BNPB, dan dua mobil kebakaran langsung menuju lokasi kebakaran,” kata Hardi di lokasi, Jumat (28/7).

Pemadaman sempat mengalami kendala karena sulitnya medan dan sedang terjadi pasang besar. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.00 WIB oleh warga sekitar bersama personil BPBD Tanjab Barat, Polres Tanjab Barat, Kodim 0419/Tanjab, Damkar serta Satpol PP setempat.

Kapolres Tanjab Barat AKBP Alfonso Doly Gilbert Sinaga mengatakan, kebakaran diduga berawal dari kelalaian warga. Warga ini membakar sampah di dekat lokasi hingga menyebabkan api menjalar ke lahan yang kering. Namun belum diketahui siapa pelaku pembakaran sampah tersebut.

“Masih dalam lidik Polisi. Dilokasi kebakaran ini sudah dipasang police line,” tutur Alfonso seperti dikutip Sindonews.

Kapolres mengaku akan menindak tegas siapa pun pelaku pembakaran lahan. “Siapa pun pelakunya, akan kita proses sesuai hukum yang berlaku, apa dan bagaimana motifnya. Kalau tidak diambil sikap tegas kasus semacam ini bisa saja terulang kembali,” kata Alfonso. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita