Senin, 25 Januari 2021

Kabut Asap Kian Pekat, Ratusan Warga Aceh Barat Terkena Ispa

Kabut Asap Kian Pekat, Ratusan Warga Aceh Barat Terkena Ispa

Foto: Kabut asap kian pekat di Meulaboh Aceh Barat. (bbc)

Meulaboh, Swamedium.com—Dalam beberapa hari belakangan ini, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh dikepung kabut asap. Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mencatat sebanyak 241 warga terkena infeksi saluran pernapasan akut akibat menghirup asap itu.

Banner Iklan Swamedium

“Sampai Kamis (27/7) korban terdampak usia di bawah lima tahun sebanyak 124 orang dan usia di atas lima tahun 117 orang, rata-rata terkena Ispa. Ispa itu sebenarnya setiap hari ada, tapi ini trennya sangat meningkat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat, dr Zafril Luthfi, di Meulaboh, seperti dikutip antaranews.

Luthfi menjelaskan, semua pasien dilakukan penangganan rawat jalan setelah ditangani di Puskesmas, pihaknya belum menemukan kasus Pneumonia infeksi paru-paru, apabila ditemukan, maka harus dirujuk ke Rumah Sakit Cut Nyak Dhien Meulaboh.

Meskipun sempat diguyur hujan beberapa saat dan telah dilakukan upaya pemadaman di darat dan lewat udara, tetap saja kumpalan asap muncul dari permukaan lahan gambut.

“Kita melihat ketebalan asap, utamanya di sini Suak Raya, sejak tadi pagi kita bagikan masker di lintas ini, karena asapnya sumber di sini. Walaupun sudah hujan tadi, masih, jadikan yang terbakar itu gambut, jadi di bawahnya dalam terus terbakar,”sebutnya.

Sementara itu Helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan “water bombing” di titik api berada di Desa Suak Raya dan Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, sejak Kamis pagi.

Water bombing dipimpin langsung Direktorat Bantuan Darurat BNPB, Bambang H, dengan Helikopter jenis MI 17 VN. Pesawat udara berangkat dari Bandara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya, kemudian melakukan pengeboman air di Kabupaten Aceh Barat.

BNPB juga telah mengerahkan satu unit tambahan helikopter jenis PK-DAS Bell 412 untuk menambah kekuatan satgas Karhutla di wilayah Aceh Barat. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita