Kamis, 21 Januari 2021

Masjid di Desa Sukababo Berdinding Kain Terpal Beralaskan Tanah

Masjid di Desa Sukababo Berdinding Kain Terpal Beralaskan Tanah

Foto: Kondisi Masjid di Desa Sukababo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. (Dok. Forjim)

Medan, Swamedium.com — Warga Desa Sukababo, Kecamatan Juhar Kabupaten Karo, Sumatera Utara melaksanakan ibadah tidak seperti kita pada umumnya. Mereka menunaikan shalat lima waktu dengan beralaskan tanah, berdinding terpal dan bambu yang sewaktu-waktu bisa roboh kapan saja. Kondisi masjid layaknya sebuah tenda pengungsian, terlihat sangat memprihatinkan.

Banner Iklan Swamedium

Kondisi Masjid yang penuh dengan kenyamanan dan dapat menghadirkan rasa nikmat, kebahagiaan hati dan ketentraman jiwa, terutama saat beribadah di bulan Ramadhan yang telah dilalui, sepertinya masih berupa harapan bagi warga.

Inilah kondisi masjid mereka di Desa Sukababo, Kabupaten Karo. Seringkali mereka iri melihat umat muslim lainnya dapat menikmati ibadah dengan kondisi aman dan nyaman.

“Mohon maaf, terkadang kami iri kepada mereka yang bisa menikmati nyamannya shalat di karpet yang empuk dan hangat,” ujar salah seorang jamaah yang dipimpin Ustadz Syarifudin.

Masyarakat di Desa Sukababo membutuhkan masjid yang berukuran 9 x 9 meter persegi, karena warga yang tinggal di lokasi tersebut hanya terdapat 20 kepala keluarga. Upaya warga untuk mendirikan mushola tersebut dilakukan dengan cara mengumpulkan uang patungan per kepala keluarga sebesar Rp 100.000,- sehingga jadilah mushola yang sekarang berdiri dengan hanya beralas dan berdinding terpal seadanya. Sementara mata pencaharian mereka hanya sebagai petani yang penghasilannya tidak tetap di setiap harinya.

Informasi mengenai Desa ini terdapat pada kampanye pembangunan Masjid di sharinghappiness.org, dalam situs tersebut para pembaca dapat berbagi dengan berdonasi untuk turut berperan membangun Masjid di Desa Sukababo. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita