Senin, 25 Januari 2021

Pengguna Narkoba Usia Sekolah Mencapai Angka Memprihatinkan

Pengguna Narkoba Usia Sekolah Mencapai Angka Memprihatinkan

Foto: Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso menunjukan barang bukti narkotika kelas 1 berjenis sabu saat menggelar jumpa persnya di kantor BNN, Cawang, Jakarta, Senin (22/5). (ist)

Kuningan, Swamedium.com — Angka penyalahgunaan Narkoba pada remaja usia sekolah mencapai 27 % untuk skala Nasional,sangat memprihatinkan mengingat remaja adalah generasi penerus yang akan berkiprah untuk bangsa dan negara kelak.

Banner Iklan Swamedium

Hal itu terungkap berdasarkan keterangan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kuningan saat memberikan apresiasi atas peran sekolah dalam penanggulangan bahaya narkoba.

“Tingginya penyalahgunaan narkoba di tingkat pelajar yang mencapai 27 persen secara nasional, perlu mendapat keprihatinan dan perhatian semua elemen masyarakat. Tidak terkecuali untuk para pendidik di wilayah Kabupaten Kuningan,” kata Kepala BNN Kabupaten Kuningan Edi Heryadi, MSi.

Kepedulian para pendidik terhadap penanggulangan penyalahgunaan narkoba, lanjutnya, dibuktikan dengan memasukkan materi bahaya narkoba ke dalam program MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Hal itu pun sudah dilakukan oleh sejumlah sekolah di Kuningan dengan mengundang pihak BNN sebagai pemateri di sekolah masing-masing.

“Saya sangat mengapresiasi kepada kepala sekolah dan jajarannya yang telah mengundang kami dalam program MPLS minggu lalu. Antara lain MTs dan MA Husnul Khotimah, SMA Negeri 2 Kuningan, SMP Negeri 2 Kramatmulya, SMK TMI Negeri Kuningan, SMK Negeri 1 Japara, SMK Budi Bhakti Mandirancan, MTsN 10 Kuningan, SMK Darul Ulum, SMK Bhakti Husada, dan SMP Negeri 1 Ciawi Gebang,” ujarnya.

Terhadap 10 sekolah ini, Edi menyampaikan terimakasih atas kepercayaannya mengundang para penyuluh BNN untuk memberikan materi, antara lain Novy Khusnul Khotimah, Dedi Nuryadi, dan Agus Mulya. Edi juga mengimbau kepada sekolah dan masyarakat yang memerlukan penyuluhan untuk melayangkan surat langsung ke kantor BNN di Jalan Aruji Kartawinata kuningan.

“Bilamana bermaksud untuk mengadakan penyuluhan melalui para penggiat BNN, agar melakukan konfirmasi berdasarkan rekomendasi dari BNN Kuningan untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan yang mengatasnamakan BNN Kuningan,” arahnya.

Kepedulian terhadap penanggulangan bahaya narkoba tidak hanya mendapat dukungan dari kalangan pendidik, melainkan juga disampaikan kalangan pemuda Karang Taruna. Di antaranya disampaikan Ilan Zaki Faiduulloh, pengurus Karang Taruna Mekar Muda Desa Cilaja, Kecamatan Kramatmulya.

Ia mengaku sangat mengapresiasi kinerja BNN Kuningan yang terlihat terus melakukan berbagai pencegahan penyalahgunaan narkoba di masyarakat, khususnya di kalangan pelajar dan pemuda.

“Kami dari Karang Taruna di desa sering membaca informasi kegiatan BNN Kuningan dalam hal penanggulangan narkoba di kalangan pelajar dan pemuda. Ini harus terus dilakukan dan kami siap membantu secara tidak langsung dalam masalah ini, terutama untuk pencegahannya,” pungkasnya. (Dip)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita