Senin, 25 Januari 2021

Diperlakukan Sewenang-wenang, Karyawan Transjakarta Adukan Nasibnya ke Komnas HAM

Diperlakukan Sewenang-wenang, Karyawan Transjakarta Adukan Nasibnya ke Komnas HAM

Foto: Diperlakukan Sewenang-wenang, Karyawan Transjakarta Mengadu ke Komnas HAM. (ilustrasi/Mangucuy/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Merasa diperlakukan sewenang-wenang oleh manajemen PT Transjakarta, sejumlah karyawan PT Transjakarta mendatangi kantor Komnas HAM di Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (31/7).

Banner Iklan Swamedium

Ketua Serikat Pekerja Transportasi Jakarta (SPTJ) Budi Marcello mengatakan, tuntutan utama para karyawan adalah meminta manajemen segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) sebagai karyawan tetap, khususnya bagi karyawan yang telah bekerja sejak 2004.

“Dengan SK karyawan tetap harapannya terlindung dari kesewenang-wenangan,” kata Budi di Jakarta.

Menurut Budi, permintaan agar manajemen mengeluarkan surat keputusan karyawan tetap, lantaran tak sedikit para karyawan diberhentikan hanya karena melakukan kesalahan kecil. Ia pun mengambil contoh, ada seorang petugas onboard meminta penumpang laki-laki pindah dari area wanita. Namun, sang penumpang tersebut malah melawan dan memarahi petugas.

“Diminta baik-baik, malah petugas dilawan. Penumpang itu lalu melaporkan ke aplikasi Qlue, petugas yang bersangkutan langsung dipecat,” ungkap Budi.

Sementara itu Komisioner Komnas HAM Muhammad Nur Khoiron yang menerima laporan dari sejumlah karyawan PT Transjakarta itu mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti laporan tersebut sesuai dengan mandat Undang-undang, yakni Komnas HAM wajib melakukan mediasi dan mengawasi laporan yang diterima dari masyarakat.

Nur Khoiron juga mengungkapkan, laporan yang hari ini diterima bukanlah yang pertama kali diterima Komnas HAM. Sebelumnya, lanjut Nur Khoiron, karyawan Transjakarta pernah membuat laporan yang sama kepada Komnas HAM.

“Laporan itu sudah ditindaklanjuti oleh Komnas HAM dengan memediasi. Namun belum ada kesepakatan,” ungkap Nur Khoiron. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita