Minggu, 29 November 2020

Juarai GP Hungaria, Vettel Makin Kokoh di Puncak Klasemen F1

Juarai GP Hungaria, Vettel Makin Kokoh di Puncak Klasemen F1

Formula One - F1 - Hungarian Grand Prix - Budapest, Hungary - July 30, 2017 Ferrari's Sebastian Vettel celebrates winning the race on the podium and kissing the trophy REUTERS/Laszlo Balogh

Budapest, Swamedium.com- Pebalap Ferrari Sebastian Vettel berhasil menjuarai balapan Formula 1 Grand Prix Hungaria yang berlangsung di Sirkuit Hungaroring, Minggu (30/7) malam WIB. Kemenangan ini membuat Vettel makin kokoh di puncak klasemen F1.

Pebalap Jerman yang meraih kemenangan keempatnya musim ini tersebut melewati bendera finis dengan selisih 0,9 detik lebih cepat dari Kimi Raikkonen sedangkan Hamilton finis posisi keempat setelah menyerahkan posisi ketiganya kepada rekan setimnya Valtteri Bottas pada putaran terakhir.

Jalannya Balapan

Saat balapan dimulai, Vettel langsung tancap gas untuk mempertahankan posisinya di urutan terdepan diikuti Kimi Raikkonen dan Valtteri Bottas.

Mobil safety car masuk lintasan usai duo pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen, saling bersenggolan saat start. Ricciardo yang melintir lantas tak bisa melanjutkan balapan.

Selepas lima lap, safety car kembali ke pit dan balapan bisa berjalan normal lagi. Vettel masih memimpin balapan disusul Raikkonen, Bottas, dan Hamilton.

Di lap ke-30, Vettel lebih dulu masuk pit yang disusul Raikkonen tiga lap setelahnya. Posisi pemimpin balapan jadi milik Verstappen yang memilih untuk mempertahankan soft tyre-nya sampai sekitar 40 lap.

Sementara, duo Mercedes Bottas dan Hamilton, terus memburu Vettel serta Raikkonen dengan selisih tak mencapai dua detik.

Vettel akhirnya mampu merebut lagi pimpinan balapan setelah Verstappen masuk pit di lap ke-43. Verstappen pun harus menjalani penalti 10 detik lebih dulu di pit karena insidennya dengan Ricciardo di awal.

Bottas sempat membiarkan Hamilton menyalipnya untuk menyerang Ferrari, dengan janji bahwa rekan setimnya itu akan memberikan posisinya jika ia gagal menyalip, dan Hamilton menepati janjinya.

Sepuluh lap berlalu, Vettel masih mampu mempertahankan posisi terdepan dari “terkaman” Raikkonen serta Hamilton. Atau boleh dibilang, Raikkonen hanya sebagai penghalang agar Hamilton tidak berada di belakang Vettel.

Kemenangan di GP Hongaria membuat Vettel kokoh di puncak klasemen pebalap dengan 202 poin, melebarkan jarak yang sempat hanya dua poin menjadi 14 poin, dari Hamilton yang punya 188 poin di posisi kedua.

Di posisi ketiga ada Bottas dengan 169 poin disusul Daniel Ricciardo dengan 117 poin dan Raikkonen dengan 116 poin.

Foto: Inilah hasil balapan F1 GP Hungaria, Minggu (30/7).

(*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.