Rabu, 27 Januari 2021

Waspada Kabut Asap, Titik Panas Meningkat di Riau

Waspada Kabut Asap, Titik Panas Meningkat di Riau

Foto: Petugas gabungan memadamkan api kebakaran lahan di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Senin (31/7).(ist)

Pekanbaru, Swamedium.com — Warga di Provinsi Riau patut waspada dengan datangnya kabut asap. Pasalnya, titik panas terus meningkat di provinsi yang pernah dilanda kabut asap parah beberapa tahun lalu.

Banner Iklan Swamedium

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Senin (31/7) mendeteksi ada 30 titik panas. Dari 30 titik panas itu, 70 persen atau 21 titik adalah titik api yang bisa menyumbangkan kabut asap.

“Titik panas dengan confidence 50 persen ke atas terpantau di sembilan kabupaten dan kota di Provinsi Riau,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru.

Ke-30 titik panas yang terpantau satelit Terra dan Aqua berada di Kabupaten Bengkalis dengan total 10 titik, Rokan Hilir enam titik dan Rokan Hulu empat titik.

Kemudina di Siak terpantau tiga titik, Meranti dan Indragiri Hulu masing-masing dua titik. Serta Pelalawan, Indragiri Hilir dan Kota Dumai satu titik.

Selain di Riau, BMKG juga mendeteksi titik panas di wilayah Sumatera lainnya. Setelah Riau, titik panas terbanyak lainnya berada di Sumatera Selatan 21 titik, Sumut 12 titik, Babel 4 titik, Bengkulu dan Sumbar masing-masing 3 titik panas.

Kemudian titik panas turut terpantau di Jambi dan Kepulauan Riau masing-masing dua titik, serta Aceh satu titik. (*/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita