Rabu, 20 Januari 2021

Polda Jatim dan BPN Bentuk Satgas Anti Mafia Tanah

Polda Jatim dan BPN Bentuk Satgas Anti Mafia Tanah

Foto: Polda Jatim dan BPN Jatim bentuk satgas anti mafia tanah. (Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com — Untuk penanganan konflik tanah di Jatim, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jatim dan Polda Jatim menandatangani MoU kerjasama pembentukan satgas anti mafia tanah.

Banner Iklan Swamedium

Penandatanganan dilakukan disebuah hotel di Surabaya, Selasa (1/8) antara Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dengan kepala BPN Jatim Gusmin Tuarita.

Disela-sela penandatanganan tersebut,Kepala BPN Jatim Gusmin Tuarita mengatakan MoU dilakukan karena di Jatim masalah pertanahan sangat luas dan menimbulkan konflik sosial di masyarakat.

”Ke depan dengan kerjasama ini pihak kepolisian bisa dilibatkan dalam penanganan konflik pertanahan di Jatim. Selama ini setiap pengaduan pertanahan di kepolisian selalu mandek,” jelasnya.

Senada dengan Gusmin, Irjen Pol Machfud Arifin mencontohkan obyek dari satgas anti mafia tanah ini antara lain untuk industri ada sengketa lahan yang berdampak mangkrak.

”Nanti satgas akan turun dan menyelidikannya. Yang penting lahan ini ke depan bisa bermanfaatkan bagi masyarakat dan nantinya juga bisa menambah pemasukan bagi negara dari aspek pajaknya, terang mantan Kadiv IT Mabes Polri ini.

Machfud menambahkan sebenarnya dalam penyelesaian masalah pertanahan sudah ada antara BPN dan pihak Polri.

”Satgas ini pengembangan dari kerjasama selama ini dan sekali lagi kami tekankan lebih diutamakan dalam pencegahan konflik sosial,” pungkasnya. (Ari)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita