Selasa, 26 Januari 2021

Ribuan Muslim China Berhaji Tahun Ini

Ribuan Muslim China Berhaji Tahun Ini

Foto: Lebih 12 ribu muslim di China pergi haji tahun ini. (ilustrasi/ist)

Beijing, Swamedium.com — Musim haji tahun ini, diperkirakan lebih dari 12.000 muslim asal China yang akan menunaikan ibadah haji. Saat ini rombongan pertama sebanyak 284 orang sudah tiba di Madinah, Minggu (30/7) kemarin.

Banner Iklan Swamedium

Rombongan pertama ini berasal dari Provinsi Yunnan. Seperti dilaporkan Kantor Berita Xinhua, Selasa (1/8) rombongan itu tiba di Bandar Udara Internasional Madinah, Arab Saudi, menggunakan pesawat carter.

Kloter pertama itu disambut langung Wakil Direktur Bidang Islam, Kantor Administrasi Urusan Agama China (SARA), Ma Jin, bersama wakil ketua Asosiasi Islam China (CIA) Wilayah Otonomi Uighur Provinsi Xinjiang.

Menurut Ma Jin, calon haji dari China ini bertolak ke tanah suci dari Beijing dan beberapa ibu kota provinsi di China, seperti Urumqi di Provinsi Xinjiang dan Lanzhou di Provinsi Gansu.

Prof Xiong Kunxin, guru besar Program Studi Etnis Minzu University of China, Beijing, sebagaimana dikutip Global Times menyebutkan, perjalanan ibadah haji bagi muslim di China saat ini menjadi tantangan sendiri ditengah meningkatnya tekanan kepada kelompok muslim di wilayah barat laut China.

Walau begitu, Xiong percaya bahwa para pengurus SARA di beberapa kota di Arab Saudi bisa membantu anggota jemaah dalam menjalani ibadah dengan aman dan lancar sambil berupaya menjauhi pengaruh kelompok garis keras asing.

Saat ini, pemeluk agama Islam di China diperkirakan mencapai angka 23 juta jiwa dengan jumlah masjid sekitar 39.000 unit lebih. (ant/d)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita