Rabu, 20 Januari 2021

Gunung Sinabung Kembali Meletus, Langit Jadi Gelap

Gunung Sinabung Kembali Meletus, Langit Jadi Gelap

Foto: Gunung Sinabung meletus pada pukul 10.40 WIB. Letusan abu vulkaniknya mencapai ketinggian 4.200 meter. (bnpb)

Medan, Swamedium.com — Gunung Sinabung di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (2/8) siang meletus. Letusannya mencapai 4.200 meter.

Banner Iklan Swamedium

“Sinabung meletus lontarkan abu hingga 4,2km disertai luncuran awan panas 4,5km ke tenggara-timur,” tulis Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter resminya, Rabu (2/8).

Menurut Sutopo, saat ini warga di sekitar Gunung Sinabung telah dievakuasi dan belum diperbolehkan pulang. Sebab, luncuran awan panas masih mengancam.

“Awan panas dengan suhu 600 derajat celsius meluncur 4,5km ke tenggara-timur. Kawasan rawan bencana erupsi G.Sinabung terus meluas,” tulis Sutopo lagi.

Sementara warga sekitar menyebutkan, letusan yang terjadi pukul 10.14 WIB telah membuat langit menjadi gelap gulita.

Foto: Letusan Gunung Sinabung siang tadi telah membuat langit disekita tanah Karo jadi gelap gulita. (bnpb)

“Sinabung erupsi lagi. Pagi ini, sudah lebih setengah jam, desa-desa gelap-gulita karena tertutup awan. Pokoknya desa-desa di sebelah barat, gelap gulita sampai saat ini,” ujar Tandi Simamora, seorang warga seperti dikutip tribunnews.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengunggah foto erupsi pada pukul 10.04.03 WIB. Awan berupa cendawan membubung ke angkasa, dan lelehan lahar tumpah, meluncur-mengalir di lereng gunung.

Menurutnya, semburan gunung berapi ini sangat besar. “Awan panas juga meluncur ke bawah, kurang lebih tiga kilometer,” kata Simamora, yang bekerja sebagai petani sekaligus loper koran di kaki Gunung Sinabung.

Kendati terjadi erupsi, warga tidak panik lagi. “Warga karena sudah terbiasa lihat gunung meletus, tidak panik lagi. Paling warga daerah gunung yang terdampak, dan memang sudah tidak ada lagi orang di kaki gunung,” ujar Tandi Simamora. (*/d)

Foto2: Letusan Gunung Sinabung siang tadi telah membuat langit disekita tanah Karo jadi gelap gulita. (bnpb)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita