Selasa, 26 Januari 2021

Berkunjung ke Gua Terindah se-Asia Tenggara

Berkunjung ke Gua Terindah se-Asia Tenggara

Foto : Goa Gong, sebuah destinasi wisata menarik di Pacitan, Jawa Timur. Goa ini diklaim sebagai goa terindah se Asia Tenggara. (ist)

Pacitan, Swamedium.com – Pacitan,  sesuai julukannya sebagai kota 1001 goa, Pacitan, Jawa Timur, punya begitu banyak goa yang layak dijadikan sebagai destinasi wisata. Goa itu terbentuk lantaran Pacitan memiliki topografi pegunungan  karst atau kapur.

Banner Iklan Swamedium

Goa Gong adalah salah satu goa, goa ini diklaim sebagai goa terindah se-Asia Tenggara. Go Terletak  di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo Kota Pacitan, Jawa Timur. Empat puluh kilometer dari pusat kota atau empat puluh lima menit perjalanan dengan mobil.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, wajib  parkir di tempat yang disediakan. Perjalanan berlanjut dengan jalan kaki atau naik ojek menuju loket. Setelah sampai di loket dan membeli tiket, boleh langsung menaiki puluhan anak tangga dan melintasi jembatan untuk mencapai mulut Goa Gong.

Sesampai di mulut goa, Anda akan menjumpai warga lokal yang menawarkan senter dan jasa pemandu. Disarankan, Anda menyewa senter sebagai alat penerangan di dalam goa yang tarifnya lima ribu rupiah. Jika perlu, Anda sewa juga jasa pemandu untuk tahu persis penjelasan detail tentang goa. Tidak ada harga yang di patok untuk jasa pemandu ini, sukarela saja.

Saat memasuki pintu goa, disambut kilauan lampu sorot warna-warni yang menambah keindahan  goa, ditambah dengan tetesan air dari langit-langit goa yang menandakan stalaktit masih hidup.

Goa Gong yang ditemukan pada 1995 oleh warga setempat,  memiliki kedalaman 300 meter. Stalaktit dan stalagmit goa bak ornamen alam yang menghias hingga dasar.

Di Goa Gong, daya tarik lain yang bisa kita jumpai adalah ruang kristal. Begitu juga dengan pilar-pilar yang terbentuk sebagai hasil penyatuan stalaktit.  (Wisja)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Fakta Berita