Thursday, 21 November 2019

Roy Suryo: Video Viktor Dipotong Bukan Berarti Diedit

Roy Suryo: Video Viktor Dipotong Bukan Berarti Diedit

Foto : Roy Suryo. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Partai Nasdem menolak untuk meminta maaf atas pernyataan kontroversial Ketua Fraksi Partai Nasdem Viktor Bungtilu Laiskodat. Nasdem beralasan rekaman video yang menyinggung empat partai tersebut telah diedit.

Seperti dilansir okezone, salah satu pakar telematika di Indonesia, Roy Suryo pada Rabu (9/8) kemarin menilai masyarakat saat ini sudah paham dalam membedakan video hasil manipulasi dengan video asli yang menjadi viral di masyarakat.

“Masyarakat sekarang sudah pintar dan tahu, mana video asli seperti itu dan mana juga yang disebut-sebutnya sebagai ‘video editing’,” jelas Roy.

Menurut Roy, memang video yang beredar tersebut tidak disajikan secara utuh dari awal hingga akhir acara. Namun, sebuah video tidak bisa disebut hasil editan bila yang beredar hanya dipenggal durasinya saja, tanpa ada makna yang diubah dalam video tersebut.

“Sebab kriteria “editing” itu kalau sekedar hanya dipotong-potong (cut-to-cut) tanpa mengubah-ubah urutannya, maka itu tidak bisa disebut editing karena tidak mengubah inti keseluruhan maknanya. Jadi jangan mudah sekarang memberi istilah sendiri “diedit” karena masyarakat sudah tahu,” pungkasnya. (*/rk)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.