Selasa, 27 Juli 2021

Mengenal Sosok Personel TNI yang Seberangkan Anak Sekolah di Atas Sungai

Mengenal Sosok Personel TNI yang Seberangkan Anak Sekolah di Atas Sungai

Foto: Serka Darwis adalah petugas Babinsa yang bertugas di Desa Maroko, Kecamatan Rante Angin, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (suaralidik)

Kolaka Utara, Swamedium.com — Berkat aksi heroiknya yang menyeberangkan anak sekolah di atas sungai di Kolaka Utara, Sulawesi Utara beberapa waktu lalu, Serka Darwis yang dibanjiri pujian masyarakat, bertekad akan terus membantu orang kesusahan.

Banner Iklan Swamedium

Seperti dilansir Suaralidik, Serka Darwis adalah petugas Babinsa yang bertugas di Desa Maroko, Kecamatan Rante Angin, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Fotonya mendadak viral di media sosial Instagram dan menuai pujian saat membantu siswa menyeberangi Sungai Rante Angin agar mereka bisa bersekolah.

Darwis mengisahkan bahwa saat itu cuaca sedang buruk, dan ia merasa bertanggung jawab dengan turun tangan langsung membantu para siswa untuk menyeberangi Sungai Rante Angin. Apalagi mereka hanya menggunakan papan yang diikat dengan tali.

Di daerah ini, kata Darwis, mereka yang ingin bersekolah memang harus menyeberang menggunakan jembatan darurat. Lokasi bangunan SD, SMP dan SMA, berada di desa tetangga yakni Desa Tino Kari, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, dengan jarak tempuh untuk SD dan SMP kurang lebih 3 KM dan SMA 6 KM.

Darwis mengungkapkan, jembatan darurat tali tersebut telah dimanfaatkan warga sejak tahun 2012, dengan jumlah KK sekitar 40 lebih dan wajib pilih 72 orang. Darwis juga mengaku jika selama ini dirinya yang bertanggung jawab untuk memberikan solusi kepada masyarakat.

“Seorang Babinsa itu harus mengetahui apa yang menjadi keluhan dan kami berusaha untuk memberikan solusi,” ujar Serka Darwis sebagaimana dikutip dari InspiraData yang dilansir Suaralidik.

Sejak tahun 1989, Darwis bergabung menjadi salah seorang anggota TNI. Pria yang diketahui berdarah Bugis Bulukumba, Sulawesi Selatan ini, diangkat menjadi petugas Babinsa sejak tahun 2009. Sayangnya, pengabdiannya tersebut akan segera berakhir karena akan memasuki masa pensiun.

“Sekitar lima atau enam tahu lagi saya sudah pensiun, saat ini kenaikan pangkat saya juga sedang diusulkan untuk menjadi Serma,” tutupnya.

Foto Serka Darwis membantu anak-anak menyeberang sungai, dipasang dalam Instagram Kodam Hasanudin yang hingga kini telah menerima lebih dari 1500 warganet menyukainya.

“Inilah prajurit Hasanuddin di Korem Kendari dengan segala daya upaya membantu anak-anak sekolah menyeberangi sungai yang deras demi masa depan generasi pelanjut cita-cita bangsa,” kata @kodam.hasanuddin.

Warganet pun memberi pujian dan semangat untuk Serka Darwis. Bahkan sepertinya keluarga Serka Darwis juga memberinya semangat di unggahan Instagram Kodam Hasanuddin itu.

“Terima kasih admin @kodam.hasanuddin. Dia Serka Muh. Darwis sosok yg paling kuat dan tegar di keluarga kami. 2 Anak kandungnya (alm Indra dan alm Fitri serta istri pertamanya Almh Sahra Ningsih) telah lebih dulu menghadap sang pencipta. Dia adalah Om dan bapak yang paling mengerti dengan kami anak2 dan keponakannya. TNI UNTUK RAKYAT,” kata @satriadirja93 yang sepertinya dari keluarga Serka Darwis. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita