Jumat, 07 Agustus 2020

Cara Efektif Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Cara Efektif Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

Jakarta, Swamedium.com – Aroma khas, prengus memang melekat pada daging kambing. Bau prengus ini sangat menganggu bagi sebagian pecinta kuliner, sehingga ada yang memilih untuk menghindari makan daging kambing. Padahal, ada cara efektif untuk menghilangkan bau prengus.

Aroma kambing yang prengus ini menjadi penyebab utama daging kambing tak banyak disukai orang. Padahal sebenarnya bila kita paham cara pengolahannya yang benar, bau tersebut bisa tertutupi, bahkan hilang sama sekali.

Beberapa tips berikut yang dikutip dari nova.grid ini sangat membantu untuk mengurangi bau prengus kambing.

Pertama, jangan Pernah Mencuci Daging Kambing

Faktanya, mencuci daging kambing malah akan membuat bau prengusnya makin kuat. Itu karena air cucian akan mengeluarkan sari beserta bau prengus yang ada dalam daging.

Jadinya, selain makin berbau, daging kambing juga akan jadi kering karena sarinya telah terbuang bersama air. Tenang saja, daging kambing masih akan kita matangkan sehingga kumannya pun akan mati karena panas tinggi.

Jadi, tidak perlu takut kotor karena tidak mencuci daging kambing ya.

Kedua, ketika Kambing Dibuat Sup

Kalau mau mengolah kambing jadi sup, pastikan untuk merebusnya dua kali.
Pertama, rebus kambing dalam air mendidih bersama aneka rempah seperti daun pandan, salam, daun jeruk, serai, sampai lengkuas untuk menutupi aroma prengusnya.

Setelah buih keabu-abuan terlihat di permukaan air rebusan, segera matikan api, tiriskan daging kambing dan buang air rebusannya.

Bau prengus dan kotoran kambing pun sudah ikut terbuang bersama air rebusan pertama ini.
Jangan takut kaldu kambing ikut terbuang. Selama direbus dengan air mendidih, kaldu daging masih akan terkunci di dalam dagingnya.

Jadi, jangan sampai salah menggunakan air ya. Rebus kembali untuk kedua kalinya dalam air dingin. Air dingin punya efek mengeluarkan sari dalam daging sehingga sup dijamin makin gurih dan berkaldu.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.