Sabtu, 24 Oktober 2020

Bantahan Istri Zoya Soal Hoax Penyimpangan Bantuan

Bantahan Istri Zoya Soal Hoax Penyimpangan Bantuan

Foto: Kunjungan silaturahim Forjim ke istri almarhum Zoya. (Dok. Forjim)

Bekasi, Swamedium.com — Forum Jurnalis Muslim (Forjim) menerjunkan tim untuk bersilaturahmi kepada keluarga almarhum Muhammad Al Zahra Zoya di rumah kontrakannya, Desa Harapan Baru RT 005/05, Cikarang Kota, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu (2/9) lalu.

Selain bersilaturahmi, Forjim juga melakukan tabayun atau klarifikasi atas berita miring media sosial yang menyoal bantuan rumah yatim yang dijanjikan oleh sebuah lembaga dakwah Islam. Akun facebook berinisial HK dalam statusnya menyindir sebuah lembaga kemanusiaan yang selama ini menggalang dana untuk membantu keluarga zoya.

“Well, sampe kemaren gue ke sana, wujud rumah yg dijanjikan blum ada. Dan menurut keluarga almarhum, mereka ada ditawari rumah, tapi rumah seharga 100 juta dan jauh di pelosok, jauh dari keluarga besar,” demikian sekelumit kutipan ujaran HK dalam status facebooknya, yang diposting Ahad (27/8/2017).

Status HK itu kemudian diviralkan dan dimuat media mainstream seperti Tribunnews, Merdeka dan MetroTV News.

Terima kasih IDC

Dalam klarifikasinya, Siti Jubaedah (25), istri almarhum Zoya menuturkan bahwa Infaq Dakwah Center (IDC) adalah lembaga sosial yang pertama kali datang ke rumahnya sebelum ada wartawan. Saat itu belum ada satu pun lembaga sosial lain apalagi donatur dan para pejabat. Saat itu, IDC untuk pertama kalinya menyerahkan santunan kerahiman sebesar Rp 1 juta rupiah.

“Jadi sebelum ada media-media yang lain ke rumah saya, pihak IDC dulu yang lebih awal. Dua hari setelah kejadian, hari Kamis (3/8/2017). Ketika itu (relawan IDC, red) berbelasungkawa dan ziarah ke makam,” ujarnya.

Kemudian, relawan IDC meminta izin penggalangan dana untuk membantu keluarga almarhum Zoya. Pihak keluarga pun mengizinkan, sama sekali tidak keberatan.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.