Senin, 19 Oktober 2020

Benih Bawang Merah Bantuan Pemerintah Ditemukan Membusuk

Benih Bawang Merah Bantuan Pemerintah Ditemukan Membusuk

Foto: Ilustrasi (ist)

Pringsewu, Swamedium.com – Bantuan bibit bawang merah yang diterima kelompok tani di Pekon Podomoro, Kecamatan Pringsewu dari pihak ketiga banyak yang membusuk. Mereka geram karena menganggap bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu tersebut dinilai gagal.

“Bibit bawang yang diberikan tidak layak tanam, karena kondisinya busuk dan mengempes. Kondisi seperti itu mana bisa ditanam,” kata salah satu anggota Kelompok Tani di Podomoro, Sutio, Sabtu, (9/9).

Untuk diketahui, bantuan sudah disalurkan ke kelompok tani di kecamatan Gadingrejo, Pringsewu, Pardasuka, dan Pagelaran. Setiap kelompok tani menerima bantuan satu ton benih bawang merah di tahun 2017 untuk lahan seluas 1 hektare.

“Pengiriman dilakukan mendadak. Kami belum siap karena lahan belum diolah sebagai lahan tanam,” tutur Sutio seperti dikutip Sindonews.

Ditemukan sekira 20 persen dari 1 ton bantuan benih bawang merah membusuk yang diterima kelompok tani Podomoro. Diperkirakan, masih ada 3 kelompok tani lagi yang mendapatkan bantuan ini.

“Benih yang busuk kami buang. Kami berharap bantuan yang digelontorkan pemerintah benar-benar berkualitas jangan sampai proyek pemerintah ini hanya asal-asalan,” ujarnya.

Dinas Pertanian Pringsewu menganggarkan Rp25 juta untuk bantuan pupuk organik dan untuk bibit bawang merah sebesar Rp160 juta.(*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.