Minggu, 25 Oktober 2020

Marzuki Alie Sarankan Pengusaha Harus Melek Politik

Marzuki Alie Sarankan Pengusaha Harus Melek Politik

Karanganyar, Swamedium.com – Berbeda dengan Presiden Joko Widodo yang meminta pengusaha tidak perlu bicara politik, Mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie justru mengimbau para pengusaha melek politik. Alasannya, pengaruh politik sangat kental dalam setiap paket kebijakan ekonomi, termasuk siapa yang boleh kaya itu juga sebuah desain politik.

“Pengusaha juga harus melek politik. Tidak hanya hanya cerdas ekonomi,” tuturnya dalam acara rangkaian pelaksanaan Silaturohim Nasional (Silatnas) IIBF ke-8 dengan tema “Saatnya Kita Bangkit” di Karanganyar, Jawa Tengah, pada 4-6 September 2017 yang dikutip republika.co.id.

Menurut Marzuki, penyelesaian persoalan bangsa, terutama di bidang ekonomi, membutuhkan sentuhan pengusaha. “IIBF bisa ikut memainkan peran strategis jika para pengusahanya melek politik, bukan hanya jadi objek atau korban politik,” tegas Marzuki Ali.

Sementara itu, KH Mahfudz Syoubari mengingatkan para pengusaha, selain harus cerdas ekonomi dan melek soal politik juga harus terus mengasah spiritualitas. Dengan demikian, mereka punya pijakan, punya norma dan standar etika dalam berbisnis. “Tanpa memiliki jiwa spiritual yang kuat bisa-bisa kalian jadi monster lho ya,” sindir Kyai Mahfudz.

Menutup dialog tersebut, Presiden IIBF Heppy Trenggono meminta kadernya untuk tidak terpengaruh himbauan presiden yang meminta pengusaha tidak masuk politik.

“Untuk yang satu itu tidak perlu kita dengar. Kan Pak Jokowi itu pengusaha mebel yang masuk politik. Kalau bukan pengusaha atau anak-anak bangsa yang memiliki kepedulian mendalam terhadap nasib dan masa depan bangsanya, lalu siapa? Apa mau semua aset strategis kita dikangkangi orang asing terus?” tanya Heppy pada para peserta silatnas.

Menurut mantan Dirut Bank Muamalat, Riawan Amin, kebangkitan ekonomi sangatlah sederhana prinsipnya. Cukup jalankan saja spirit Beli Indonesia. Berjualan ke mana saja tetapi beli dari orang sendiri.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.