Kamis, 22 Oktober 2020

Badai Irma Sebabkan Evakuasi Terbesar dalam Sejarah AS

Badai Irma Sebabkan Evakuasi Terbesar dalam Sejarah AS

Foto: Badai Irma yang diperkirakan menerpa Florida, AS. (ist)

Florida, Swamedium.com — Badai Irma yang diperkirakan akan menerjang Florida pada hari Minggu waktu setempat, menyebabkan adanya evakuasi besar-besaran yang belum pernah terjadi dalam sejarah Amerika Serikat.

Badai Irma disertai dengan angin kencang dan gelombang badai di laut yang mengancam keselamatan penduduk setempat.

National Hurricane Centre merilis badai tersebut berada dalam Kategori 4 dengan kecepatan sekitar 115 Km/jam mulai dari bagian tenggara Key West, Florida, pada pukul 2 pagi waktu setempat. Badai ini diperkirakan akan menyapu sepanjang pantai Teluk Meksiko, termasuk Tampa dan St Petersburg.

Sebelumnya, badai ini telah menerpa Kuba dan Puerto Rico, dan telah menewaskan
setidaknya 22 orang di Karibia.

Badai Irma dianggap sebagai ancaman bagi penduduk di Florida dan dapat menjadikan bencana alam paling merugikan hingga merusak infrastruktur senilai miliaran Dolar AS.

Dilansir Flightaware.com, lebih dari 2.000 penerbangan yang masuk dan keluar dari Florida telah dibatalkan sejak Sabtu kemarin. Sementara transportasi darat pun mengalami kepadatan lalu lintas imbas dari jutaan warga berusaha pergi untuk menyelamatkan dirinya masing-masing.

Seorang warga Pulau Sanibel, Charley Ball (62) harus mengucapkan selamat tinggal pada seluruh harta termasuk rumah yang dia miliki.

“Saya baru saja meninggalkan Pulau Sanibel tempat saya tinggal. Saya mengucapkan selamat tinggal pada semua yang saya miliki,” kata dia seperti dikutip Reuters.

Sementara, Pemerintah Florida telah memerintahkan total 6,3 juta orang atau sekitar sepertiga dari populasi negara bagian AS tersebut untuk dievakuasi. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.