Minggu, 25 Oktober 2020

Pengusaha Muhammadiyah Bangun Pabrik AMDK di Boyolali

Pengusaha Muhammadiyah Bangun Pabrik AMDK di Boyolali

Jakarta, Swamedium.com – Produsen air minum dalam kemasan (AMDK) Suli-5, PT Suryatama Cemerlang Abadi (SCA) melalui PT Wini Sendang Abadi (WSA) terus mengembangkan sayap bisnisnya dengan membangun pabrik di Boyolali, Jawa Tengah. Pembangunan pabrik yang kesembilan tersebut guna memperluas pasar di wilayah Solo Raya, Ungaran, Salatiga dan Semarang.

WSA adalah pewaralaba (franchaise) dari SCA karena pengembangan bisnis air kemasan Suli-5 ini dengan sistem waralaba, sehingga siapapun yang memenuhi persyaratan bisa bekerja sama untuk menjalankan bisnis Suli-5. Sementara SCA adalah perusahaan milik dari pengusaha Muhammadiyah.

“Dengan demikian, kini Suli-5 sudah memiliki sembilan pabrik. Direktur Utama PT SCA Asep Salwani dalam acara peletakan batu pertama AMDK Suli 5 di Boyolali, Sabtu (9/9) yang dirilis media.

Dia menjelaskan, Suli-5 mengembangkan konsep ekonomi keumatan dengan pendekataan ta’awun.

‘’Kami mengusung konsep bisnis syirkah home industry. Artinya dalam bisnis AMDK ini mengusung nilai-nilai ekonomi syariah untuk saling bekerjasama dan saling berbagi dalam profit dan lost sharing,’’ kata Asep.

AMDK Suli 5 adalah konsep bisnis konkret yang dijalankan oleh para anggota Muhammadiyah dalam mengaktualisasikan ekonomi sebagai pilar ketiga. ‘’Besarnya jumlah anggota Muhammadiyah dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) menjadi peluang market bisnis untuk mengembangkan AMDK,’’ kata Asep.

Direktur Operasional dan Produksi PT SCA Suryanto menambahkan, bisnis AMDK Suli-5 adalah kegiatan usaha dari, untuk dan oleh Muhammadiyah.

Hal ini tampak pada kepemilikan saham yang dimiliki–oleh perusahaan AMDK Suli 5 yang paling besar adalah dimiliki oleh Muhammadiyah seperti Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), pimpinan daerah Muhamadiyah (PDM), maupun Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM). Ssisanya adalah investor yang merupakan warga Muhammadiyah.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.