Minggu, 25 Oktober 2020

Hasil Kunjungan Jokowi, Singapura Disebut Raih Kontrak Suplai LNG

Hasil Kunjungan Jokowi, Singapura Disebut Raih Kontrak Suplai LNG

Jakarta, Swamedium.com – Presiden Joko Widodo ramai diberitakan oleh media Singapura telah menandatangani kontrak kesepakatan (Heads Of Agreement/HOA) suplai gas cair atau LNG dengan perusahaan broker Singapura, Keppel Offshore and Marine dan Pavilion Gas saat kunjungan kenegaraan pada 6-7 September lalu. Belum ada keterangan resmi dari pemerintah terkait HOA tersebut.

Penandatanganan itu disebut media di Singapura terjadi saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo selama dua hari dalam rangka menghadiri perayaan 50 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Singapura.

Penandatanganan HOA suplai LNG tersebut “rame” diberitakan oleh media Singapura dan dibicarakan warganet, karena dianggap prestasi luar biasa bagi Singapura dan aib bagi Indonesia. Sebab, cukup perusahaan sekelas trader di Singapura yang tak punya sumber gas bisa menundukkan sebuah negara besar yang menghasilkan gas.

Penandatangan kesepakatan HOA terkait LNG itu tidak muncul di media nasional, bahkan di laman resmi kementerian luar negeri, www.kemlu.go.id.

Pada laman resmi pemerintah, Antaranews.com pada Kamis (7/7), Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin hanya merilis adanya penandatanganan beberapa nota kesepahaman kerja sama. Yaitu, kerja sama pendidikan dan pelatihan vokasional antara Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Pendidikan (Pendidikan Tinggi dan Keterampilan) Singapura Ong Ye Kung. Kerja sama bidang pendidikan antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Pendidikan (Pendidikan Dasar) Singapura Ng Chee Meng.

Kemudian, kerja sama bidang pendidikan tinggi antara Menteri Riset Tenologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir dan Menteri Pendidikan (Pendidikan Tinggi dan Keterampilan) Singapura Ong Ye Kung.

Kerja sama pengelolaan risiko bencana antara Kepala BNPB Willem Rampangilei dan Komisioner Pasukan Pertahanan Sipil Singapura Eric Yap.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.