Thursday, 25 April 2019

Kejagung Dalami Dugaan Keterlibatan Ketua KPK dalam Kasus KTP-El

Kejagung Dalami Dugaan Keterlibatan Ketua KPK dalam Kasus KTP-El

Gedung Kejaksaan Agung RI. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Jaksa Agung M Prasetyo menyebut bahwa Kejaksaan Agung (Kejagung) akan mendalami dugaan keterlibatan Ketua KPK Agus Rahardjo dalam kasus korupsi KTP Elektroni (KTP-El). Hal ini menyusul dilaporkannya Pimpinan Komisi Antirasuah itu oleh Presidium Nasional Jaringan Islam Nusantara (JIN) Razikin Juraid ke Kejaksaan Agung.

“Kita akan dalami dan kita akan cek kebenarannya, dan nanti tentunya, kalau memang diperlukan kita akan lakukan penyelidikan tentunya,” kata Jaksa Agung M Prasetyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/9).

Prasetyo pun menegaskan, pihaknya tidak akan terpengaruh dengan adanya pelaporan terhadap Agus Rahardjo tersebut. Dia mengatakan, hubungan KPK dengan Kejaksaan Agung sangat baik.

“Lembaga tidak boleh terganggu dengan hal yang personal. Pak Agus dilaporkan bukan sebagai ketua KPK, tapi sebagai personal beliau sebagai ketua LKPP,” ujarnya.

“Nggak ada hubungan atau pengaruhnya dengan fungsional dan instasional Kejaksaan dan KPK,” imbuhnya.

Prasetyo juga mengatakan, proses penyelidikan terhadap laporan dugaan keterlibatan Agus Rahardjo dalam kasus KTP-El tidak memiliki tenggat waktu.

“Nggak ada tenggat waktu. Kita pun harus hati-hati mencermati dan mendalami bersama,” tuturnya.

Untuk diketahui, Ketua KPK Agus Raharjo dilaporkan oleh Koordinator Presidium Nasional Jaringan Islam Nusantara (JIN) Razikin Juraid ke Kejaksaan Agung. Pelaporan Agus ke Gedung Bundar itu, dijelaskan Razikin, karena pihaknya khawatir bakal muncul konflik kepentingan jika dia melaporkannya ke KPK.

Razikin mengungkapkan, selama ini pihaknya telah melakukan investigasi terkait proses lelang dan pengadaan. Saat lelang proyek pengadaan KTP-El, Agus menjabat sebagai Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Kami juga membawa sejumlah bukti berupa dokumen yang dilampirkan dalam laporan ke Kejaksaan Agung,” ungkap Razikin.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)