Minggu, 25 Oktober 2020

Ketua KPK: Kami Punya Keterbatasan Tangani Penyelewengan Dana Desa

Ketua KPK: Kami Punya Keterbatasan Tangani Penyelewengan Dana Desa

Foto: Rapat Dengar Pendapat antara Komisi III DPR dengan KPK. (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — KPK memaparkan beberapa upaya pencegahan yang selama ini dilakukan oleh lembaga antirasuah tersebut, dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI.

Agus Rahardjo menerangkan tentang tindak pencegahan yang dilakukannya meliputi berbagai kajian dalam berbagai sektor, termasuk pengkajian korporasi, juga pengkajian infrastruktur, pengkajian sumber daya, dan pengkajian pangan.

“Kerjasama korporasi yang kami lakukan adalah dengan menjalin hubungan dengan Kadin (Kamar Dagang dan Industri) untuk mensosialisasikan kepada korporasi bahwa pidana bukan hanya dikenakan kepada personal tetapi perusahaan pun bisa kena,” kata Agus di depan sejumlah pimpinan komisi III, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (11/9) sore.

Kemudian, lanjut dia, pihaknya pun turut terjun langsung ke seluruh lapisan elemen masyarakat guna meningkatkan sosialisasi terkait permasalahan korupsi, termasuk penggunaan anggaran dana desa.

“Jadi masyarakat harus ikut mengawasi dana desa yang setiap tahun jumlahnya bertambah besar,” ujar Agus.

Menurut dia, keterlibatan masyarakat ini juga nantinya akan sangat membantu keterbatasan yang dimiliki KPK.

Pasalnya, KPK memiliki keterbatasan untuk menjalankan penindakan terkait penyelewengan dana desa lantaran tanggung jawab KPK hanya kepada penyelenggara negara.

“Kami perlu sosialisasikan, karena KPK ini bertanggungjawab terhadap penindakan pada penyelenggara negara. Sehingga apabila penyelewengan terjadi di desa, tentu kami tidak bisa masuk kecuali itu melibatkan pemerintahan. Contohnya ya yang di Pamekasan kemarin,” terang Agus. (Jok)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.