Minggu, 25 Oktober 2020

Kinerja Sektor Riil Turun, Kredit Bermasalah di Bank Syariah Naik

Kinerja Sektor Riil Turun, Kredit Bermasalah di Bank Syariah Naik

Jakarta, Swamedium.com – Pengamat Ekonomi Syariah SEBI School of Islamic Economics Aziz Setiawan mengatakan, tertekannya sektor riil memicu meningkatnya kredit macet atau rasio pembiayaan bermasalah (Nonperforming Financing/NPF) dari bank syariah. Saat ini, NPF Gross bank syariah secara nasional berdasarkan Data OJK terhitung tinggi, yaitu mencapai 4,5 persen.

Azis menambahkan, ada beberapa faktor yang dapat membuat NPF bank syariah tetap tinggi. Di antaranya, jika bank syariah tidak berani berekspansi dan hanya fokus mengelola portofolio yang ada. Jadi, harus tetap ekspansi dengan kualitas analisa pembiayaan yang lebih baik.

“NPF yang tinggi selama ini juga karena faktor ekonomi makro yang mengalami stagnasi pertumbuhan pada lima persen dan tertekannya sektor riil,” kata Aziz , Senin, (11/9) yang dikutip Republika.co.id.

Dia menilai, tertekannya sektor riil biasanya langsung berdampak ke bank syariah. Dirinya optimistis NPF bank syariah ke depan akan lebih baik dengan dukungan ekspektasi membaiknya kinerja makro ekonomi.

“Seperti pemerintah menaikkan target pertumbuhan ekonomi dari 5,1 persen menjadu 5,2 persen dalam hasil pembahasan APBNP 2017. Lalu inflasi juga diprediksi stabil serta diproyeksikan relatif rendah di angka 4,3 persen,” kata Aziz .

Baginya, kondisi tersebut cukup kondusif. Dengan begitu dapat memberikan lingkungan ekonomi lebih baik bagi bank syariah untuk tumbuh dan berekspansi. “Kinerjanya secara umum pun diproyeksikan bakal lebih baik dibanding tahun lalu,” katanya.

Menurut Azis, bank syariah perlu memperbaiki proses internalnya agar semakin hati-hati dalam menyalurkan pembiayaan. Assesment dan manajemen risiko pembiayaan harus kuat agar kredit bermasalah sedikit.

“Termasuk mencegah moral hazard atau fraud yang biasanya mendorong penyaluran pembiayaan tidak sehat,” ujar dia.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.