Senin, 26 Oktober 2020

Menlu Bangladesh Sebut Kekerasan Rohingya Adalah Genosida

Menlu Bangladesh Sebut Kekerasan Rohingya Adalah Genosida

Foto: Hampir 300.000 orang Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh sejak putaran terakhir kekerasan dimulai pada bulan Agustus (Danish Siddiqui / Reuters)

Dhaka, Swamedium.com — Menteri Luar Negeri Bangladesh AH Mahmood Ali mengatakan bahwa “genosida” sedang berlangsung di negara bagian Rakhine, Myanmar. Kekerasan itu memicu eksodus hampir 300.000 orang Rohingya ke negaranya.

“Komunitas internasional mengatakan bahwa ini adalah genosida. Kami juga mengatakan bahwa ini adalah genosida,” ujar Mahmood Ali kepada wartawan setelah memberikan keterangan kepada para diplomat di Dhaka pada hari Minggu (10/9).

Seperti dilansir Al Jazeera, Senin (11/9), Ali bertemu dengan diplomat Barat, Arab dan kepala badan-badan PBB yang berbasis di Bangladesh untuk mencari dukungan untuk solusi politik dan bantuan kemanusiaan bagi Rohingya.

Dia mengatakan kepada para diplomat bahwa sekitar 300.000 orang Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh dalam dua minggu terakhir. Tambahan ini membuat jumlah pengungsi Rohingya di Bangladesh mencapai 700.000 orang.

“Sekarang ini masalah nasional,” kata Ali menyebutkan banyaknya pengungsi Rohingya itu menjadi masalah bagi dalam negeri Bangladesh.

PBB mengatakan 294.000 pengungsi Rohingya tiba di Bangladesh sejak serangan tentara Rohingya terhadap pasukan keamanan Myanmar di Rakhine pada 25 Agustus lalu. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.