Minggu, 25 Oktober 2020

PB ISSI Gunakan Sistem Poin untuk Jaring Atlet Timnas

PB ISSI Gunakan Sistem Poin untuk Jaring Atlet Timnas

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari membentuk Badan Tim Nasional (BTN) jelang Asian Games (Foto: Danang)

 

Jakarta, Swamedium.com – Ketua Umum PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISS) Raja Sapta Oktohari mengatakan pihaknya akan menjaring atlet untuk Tim Asian Games dengan sistem poin nasional.

Cara ini dilakukan agar penyeleksian atlet untuk Asian Games lebih objektif. Selama ini, perhitungan sistem poin atlet diambil dari Union Cycliste Internationale (UCI).

“Dapat dibayangkan jika seleksinya hanya melihat dalam satu kejuaraan saja. Padahal, kita tidak tahu mungkin saja si atlet tidak dalam keadaan maksimal karena kondisi-kondisi tertentu. Seperti ada masalah di keluarga atau sakit sehingga penilaiannya pun jadi tidak objektif. Hal ini perlu kita perhatikan,” kata Okto Senin (11/9)

Tak hanya itu, menurut Okto, langkah ini juga sekaligus memacu atlet untuk berprestasi lebih baik lagi. Terlebih di level ISSI, pihaknya juga telah menetapkan empat target utama yaitu meloloskan lebih dari satu atlet ke Olimpiade 2020 Tokyo, Piala Dunia, Kejuaraan Dunia, dan Asian Games 2018.

“Karena itu, nasional poin ini penting supaya pada saat seleksi kami bisa memilih adil. Paling tidak kami bisa memilih berdasarkan evaluasi dari lombanya selama beberapa waktu,” katanya. (*/Dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.