Minggu, 25 Oktober 2020

Dewan Keamanan PBB akan Lakukan Pertemuan Darurat Soal Rohingya

Dewan Keamanan PBB akan Lakukan Pertemuan Darurat Soal Rohingya

Foto: Ilustrasi sidang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akhirnya akan membahas kekerasan terhadap minoritas etnis Muslim Rohingya yang terjadi di Rakhine State, Myanmar. Pertemuan darurat yang digagas oleh Inggris dan Swedia itu rencananya digelar pada Rabu 13 Oktober mendatang.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (12/9), Duta Besar Inggris untuk PBB Matthew Rycroft mengatakan, pertemuan darurat ini sebagai kekhawatiran yang dirasakan oleh anggota DK PBB terkait situasi yang makin memburuk bagi etnis Rohingya.

“Ini adalah tanda kekhawatiran yang dirasakan anggota Dewan Keamanan mengenai situasi yang terus memburuk bagi banyak orang Rohingya yang ingin melarikan diri dari negara bagian Rakhine,” kata Matthew Rycroft.

Sebelumnya, Senin (11/9), Ketua Dewan HAM PBB Zeid Ra’ad Al Hussein menilai Myanmar telah melakukan serangan sistematis terhadap minoritas etnis Muslim Rohingya. Bahkan Zeid mengingatkan apa yang terjadi di Rakhine sudah menjurus pada pembersihan etnis atau genosida terhadao etnis Rohingya.

Dalam pertemuan tertutup pada Agustus lalu yang juga membahas kekerasan yang terjadi di Rakhine, DK PBB tidak mengeluarkan pernyataan resminya. Untuk itu, Rycroft berharap adanya kesepakatan dalam pertemuan DK PBB kali ini.

Pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi tengah menghadapi kecaman dunia internasional terkait tindakan barbar militernya terhadap minoritas Muslim Rohingya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.