Minggu, 25 Oktober 2020

Gobel Ragu, Jamu Nyonya Meneer Kembali Terancam Pailit

Gobel Ragu, Jamu Nyonya Meneer Kembali Terancam Pailit

Jakarta, Swamedium.com – Kelangsungan usaha produsen jamu legendaris PT Nyonya Meneer kembali tidak jelas setelah Bank Papua selaku kreditor utama berniat melelang aset perseroan. Lelang itu menyebabkan, Gobel Internasional yang semula berminat menyelamatkannya dari kepailitan kemungkinan bakal mundur.

Saat ini, Gobel Internasional sedang mengkaji ulang rencananya untuk menyelamatkan perusahaan jamu di Semarang, Jawa Tengah itu dari kepailitan. Bila pasca lelang aset oleh Bank Papua itu ternyata nilai komersial perseroan tidak menarik, Gobel bakal mundur.

Menurut Kuasa Hukum Gobel Internasional Aji Wijaya, pihaknya perlu mengetahui apakah jika Bank Papua melakukan lelang, nilai Nyonya Meneer secara komersil masih menarik.

Bank Papua adalah satu-satunya kreditur separatis atau pemegang jaminan Nyonya Meneer. Bank Papua dikabarkan akan melakukan lelang atas aset jaminan kredit dengan penawaran tertutup. Rencana itu tertuang dalam surat tertanggal 29 Agustus 2017 dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Jaminan itu berupa 11 bidang lahan seluas 45.870 m² dengan nilai limit Rp 74,71 miliar dan jaminan lelang Rp 14,94 miliar. Batas akhir penawaran pada 26 September 2017 dengan pelunasan harga lelang lima hari kerja.

Aji bilang, pihaknya sampai saat ini masih belum memiliki putusan final terkait rencana masuk ke Nyonya Meneer. “Kami menghormati langkah Bank Papua, namun klien kami dan tim sedang melakukan due diligence (uji tuntas) dan masih belum selesai,” ungkapnya yang dirilis oleh KONTAN, di akhir pekan.

Keraguan Gobel Internasional masuk sebagai investor ke perusahaan jamu tertua di Indonesia ini diakui oleh kurator kepailitan Nyonya Meneer Ade Liansyah. Sebab, jaminan yang akan dilelang Bank Papua merupakan seluruh aset fisik milik Nyonya Meneer. “Seluruh aset debitur dijaminkan ke Bank Papua kecuali hak intelektual,” tambahnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.