Minggu, 25 Oktober 2020

Ini Catatan Sri Mulyani Soal Protes Pajak Tere Liye

Ini Catatan Sri Mulyani Soal Protes Pajak Tere Liye

Jakarta, Swamedium.com – Kabar protes penulis Tere Liye terhadap tingginya beban pajak yang harus dibayar oleh penulis menarik perhatian Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menkeu pun memberikan catatan tertulis terkait Tere Liye tersebut.

Kicauan soal pajak penulis di akun media sosial Tere Liye ini dianggap mewakili kepentingan banyak profesi penulis lainnya. Sebagai orang yang turut berperan dalam mencerdaskan bangsa, pajak yang harus dibayar penulis justru lebih tinggi dari profesi dokter dan pengacara.

Ketidakadilan inilah yang membuat Tere Liye curhat di akun facebooknya.

“Saya terhenyak ketika membaca berita bahwa seorang Tere Liye akan berhenti menerbitkan buku karena masalah perpajakan. Tere Liye menyatakan frustrasinya menghadapi “kebijakan perpajakan” dan “perlakukan aparat atau kantor pajak” terhadap kewajiban membayar pajak penghasilannya sebagai penulis. Hal ini menyangkut perlakukan perpajakan atas royalti yang diterima dari buku-buku yang ditulis Tere Liye,” ujarnya dalam akun facebooknya, Senin (11/9).

Berikut ini catatan tertulis Sri Mulyani untuk persoalan Tere Liye.

“”Tentang Tere Liye”

Bagi saya, buku adalah sahabat sejati. Dia menemani saya dimana saja dan kapan saja tanpa pernah protes – saat di mobil, waktu antri di dokter gigi, ketika hendak menikmati “me time” juga menjelang tidur. Membaca buku selalu mampu membawa saya pada dunia lain dan bahkan kadang mampu memberikan perspektif lain mengenai hidup dan kehidupan.

Buku yang bagus tidak ditulis begitu saja. Ada ide, imajinasi yang harus dikombinasikan dengan riset, data, survey bahkan kunjungan lapangan yang kemudian dirangkai dalam kata menjadi cerita dan pesan. Ada jerih payah tidak mudah (keringat, airmata atau bahkan darah) yang nyata dibalik terbitnya suatu buku, juga biaya yang sering tidak sedikit. Meski penulis yang memiliki passion menulis pasti juga menikmati proses menulis itu sendiri.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.