Minggu, 25 Oktober 2020

Riau Ditunjuk Sebagai Rujukan Kerukunan Umat Beragama

Riau Ditunjuk Sebagai Rujukan Kerukunan Umat Beragama

Foto: Para peserta workshop jurnalistik kerukunan umat beragama (ist)

Pekanbaru, Swamedium.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pusat Dirjen Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia menunjuk Provinsi Riau, khususnya Pekanbaru sebagai rujukan kerukunan umat beragama. Ini terbukti, Riau dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara Workshop Jurnalistik Kerukunan Umat Beragama (KUB) Tingkat Nasional.

“Alhamdulillah pada hari ini kita melaksanakan kegiatan workshop tentang peran serta para jurnalis untuk peningkatan kerukunan umat beragama. Bukan hanya di Provinsi Riau, tapi di seluruh Indonesia. Dan ini dibuktikan dengan hadirnya para jurnalis kita dari 9 provinsi di seluruh Indonesia,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah (Kakanwil) Provinsi Riau Ahmad Supardi kepada insan pers usai membuka kegiatan workshop Jurnalistik kerukunan Umat Beragama (KUB) di Ballroom Hotel Pangeran, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, Senin (11/9) sore.

Ahmad Supardi menyebutkan kalau kerukunan umat di daerah terganggu maka kerukunan nasional juga akan terganggu. Akibatnya, disintegrasi bangsa pasti akan terganggu.

“Karena itu saya berharap dengan adanya workshop ini, kawan-kawan dari pers lebih banyak menyuarakan masalah kerukunan. Karena kerukunan ini bagian dari kerukunan nasional,” sebut Ahmad Supardi.

Mengenai terpilihnya Riau sebagai pusat pelaksanaan kegiatan workshop jurnalis KUB, Ahmad Supardi menjelaskan, Riau ini sangat heterogen, terutama dari sisi agama. Dimana semua pemeluk agama ada di Bumi Melayu Lancang Kuning ini. Kemudian dari segi suku, semua suku ada di Riau.

“Artinya, Pekanbaru terutama Riau ini semacam Indonesia mini bagi kita di Indonesia ini,” ujar Ahmad Supardi seraya berharap Provinsi Riau bisa sebagai pusat percontohan tentang kerukunan umat beragama di Indonesia.

“Saya kira ini salah satu tujuan kenapa Forum Kerukunan Umat Beragama Pusat (FKUB) Pusat menempatkan Provinsi Riau sebagai tuan rumah untuk acara ini,” sebut Ahmad Supardi.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.