Minggu, 25 Oktober 2020

Yusril Ungkap Target Perolehan Suara PBB di Pemilu 2019

Yusril Ungkap Target Perolehan Suara PBB di Pemilu 2019

Foto: Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra bantu korban banjir Belitung Timur. (Facebook Yusril Ihza Mahendra)

Jogyakarta, Swamedium.com — Partai Bulan Bintang (PBB) menargetkan perolehan suara minimal 8 juta suara sah secara nasional pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 agar bisa menempatkan wakilnya di kursi DPR RI. Target itu untuk memenuhi ambang batas parlemen (Parlementiary Threshold) sebesar 4% sebagaimana ditentukan dalam Undang-undang Pemilu.

“Parlementiary Threshold 4 persen artinya sebuah parpol harus mendapat minimal 4 persen suara sah secara nasional agar wakilmya dapat dilantik sebagai anggota DPR. Angka 4 persen itu setara dengan 8 juta suara. Kalau perolehan kita di bawah itu, kita tidak bisa mendapat kursi di DPR,” kata Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra saat meresmikan Kantor DPW PBB DIY di Jalan Masjid Pakualaman, Jogyakarta, beberapa waktu lalu.

Target 8 juta suara, diungkapkan Yusril, sebagian besar suara yang diincar adalah suara dari para pemilih di Pulau Jawa. Sekitar 5-6 juta suara diperkirakan bisa didulang dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“PBB meraih banyak suara dari daerah luar Jawa, tapi jumlah penduduknya sedikit. Ada caleg yang sebenarnya dapat kursi di DPR, tapi tidak bisa dilantik karena jumlah suara PBB secara nasional tidak cukup,” ungkap Yusril.

Sebagai salah satu daerah yang ditargetkan mendulang suara, Yusril meminta DPW PBB DIY memperkuat dan memperluas jaringan agar lebih siap dalam menghadapi Pemilu 2019.

Dia menginstruksikan DPW PBB DIY untuk merevitalisasi kepengurusan, serta segera membentuk kepengurusan di tingkat kabupaten dan kecamatan.

“Semua kepengurusan partai di DIY, dari tingkat provinsi hingga kecamatan akan saya lantik Januari 2018,” ujar Yusril.

Yusril juga menambahkan, revitalisasi kepengurusan struktur partai dilakukan mulai dari tingkat pusat hingga cabang, agar langkah dan kebijakan dapat lebih terarah.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.