Sabtu, 24 Oktober 2020

Bahas Dana Parpol, KPK Temui SBY di DPP Demokrat

Bahas Dana Parpol, KPK Temui SBY di DPP Demokrat

Foto: Jumpa pers Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (30/8). (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diagendakan akan menemui Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), siang nanti pukul 14.00 WIB, Rabu (13/9). Pertemuan berlangsung di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat Jakarta, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat.

“Mewakili KPK nanti akan hadir Ibu Basaria Panjaitan,” kata Wakil Ketua KPK Saut Sitomarang.

Saut menjelaskan, pertemuan tersebut sebagai kelanjutan kajian dan rekomendasi KPK terkait dana parpol tahun ini yang sudah dikaji beberapa saat lalu di DPR.

Dijelaskan Saut, KPK telah merekomendasikan ke pemerintah agar memberi bantuan pendanaan kepada parpol. Meski begitu, KPK mengimbau agar parpol mampu mengelola dan mengawasi penggunaan dana tersebut dengan baik agar tidak disalahgunakan.

“Agar parpol sebagai sumber daya SDM politik mau membangun integritas kehidupan berpolitik NKRI. KPK juga mendorong agar parpol buat tata kelola yang baik, sistem kaderisasi yang baik , nilai-nilai integritas dan lain-lain,” jelasnya.

Seperti diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah menyetujui kenaikan dana parpol yang semula Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000 per suara. Dengan kenaikan tersebut diharapkan mampu mengurangi potensi korupsi yang terjadi pada partai politik. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.