Minggu, 25 Oktober 2020

Bantah Impor LNG Dari Singapura, Jonan: Itu Hanya Pertukaran LNG

Bantah Impor LNG Dari Singapura, Jonan: Itu Hanya Pertukaran LNG

Jakarta, Swamedium.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan membantah Indonesia impor gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG) dari Singapura. Kesepakatan kerja sama pemerintah melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan Keppel Offshore & Marine LNG, Singapura itu disebut hanya berupa pertukaran LNG antara kedua perusahaan.

“Itu saya kira pemberitaannya kurang pas (Impor LNG). Singapura itu menawarkan mini LNG tanker untuk digunakan di PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas) yang ada di kepulauan Indonesia bagian barat,” ujar Jonan, Rabu (13/9).

Sayang, Jonan enggan menjelaskan lebih jauh terkait rencana kerja sama pemerintah dengan Keppel, Singapura tersebut.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang berjanji buka-bukaan soal kabar Impor LNG dari Singapura sampai sore ini belum memberikan klarifikasi. Luhut sebelumnya menjelaskan, kerja sama tersebut hanya membuka pertukaran (swap) LNG yang dimiliki pemerintah dengan Keppel. Kerja sama tersebut dilakukan demi memenuhi kebutuhan gas dan mendapatkan harga yang lebih rendah.

“Kalau mereka digabungin, harga gasnya itu bisa US$3,8 per MMBTU. Jadi, kan lebih murah. Ini gasifikasi, dari Singapura dia bawa, dia keliling, kan bagus buat kita,” terang Luhut pertengahan Agustus lalu.

Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN Nicke Widyawati menjelaskan, skema pertukaran dilakukan dengan memasok LNG dari Singapura ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Indonesia yang akan dibangun di dekat Singapura seperti, Tanjung Pinang, Kepulauan Natuna, dan Kepulauan Nias.

Sebagai gantinya, PLN akan memasok LNG dari yang sebelumnya dikontrak PLN dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam negeri. Nantinya, Keppel akan membeli LNG kepada KKKS sesuai harga kontrak yang ditetapkan untuk PLN.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.