Minggu, 25 Oktober 2020

Rezim Myanmar Merekayasa Pembakaran Rumah, BBC Temukan Pelakunya

Rezim Myanmar Merekayasa Pembakaran Rumah, BBC Temukan Pelakunya

Foto: Foto: Wartawan BBC menemukan pelaku dalam foto pembakar rumah itu dari kelompok Hindu. Mereka disuruh membakar dengan memakai busana seperti muslim Rohinga. (bbc)

Rakhine, Swamedium.com — Wartawan BBC menemukan pelaku pembakaran rumah yang fotonya diedarkan oleh rezim Myanmar. Dalam foto itu pelaku digambarkan dari kelompok muslim Rohingya, lelakinya memakai peci putih dan wanitanya memakai kerudung.

Namun wartawan BBC yang turun ke Desa Maungdaw, Rakhine bersama 18 wartawan lokal dan asing yang difasilitasi pemerintah Myanmar, menemukan pelaku itu dengan masih menggunakan baju yang sama seperti dalam foto yang diedarkan pemerintah Myanmar.

Dalam sebuah foto yang diberikan kepada wartawan, saat dibawa ke sebuah kuil Budha, terlihat beberapa perempuan mengenakan sesuatu yang tampak seperti taplak meja berenda di atas kepala mereka melambaikan pedang dan parang dengan melodramatis.

Di foto lain tampak sejumlah pria dengan peci putih berpose saat mereka membakar atap rumah yang terbuat dari rumbia. (Baca Juga: Sebuah Akun Facebook Membongkar Propaganda Rezim Myanmar Soal Rohingya)

Foto: Rezim Myanmar merekaya pembuatan foto pembakaran rumah. Pelaku digambarkan dari etnis muslim Rohingya. (BBC)

“Kemudian saya mengetahui bahwa salah satu perempuan itu sebenarnya adalah perempuan Buddha dari sekolah tersebut yang tampak bersemangat, dan saya melihat bahwa salah satu dari pria yang tampak di foto itu juga hadir di antara orang-orang Buddha yang mengungsi,” tulis wartawan BBC untuk Asia Tenggara, Jonathan Head.

“Mereka membuat foto-foto palsu agar terlihat seolah-olah kelompok Muslimlah yang melakukan pembakaran,” tambahnya seperti dimuat BBC, Rabu (13/9).

Sebelumnya, sebuah akun Facebook Rohingya Community mengunggah status yang membongkar propaganda yang selama ini dilakukan otoritas Myanmar yang menuding kekerasan terjadi terhadap Rohingya dikarenakan ulah mereka membakar rumah-rumah warga Budha. Status itu diunggah Rabu (6/9) lalu.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.