Minggu, 25 Oktober 2020

Fadli Zon: Surat ke KPK Meneruskan Aspirasi Masyarakat

Fadli Zon: Surat ke KPK Meneruskan Aspirasi Masyarakat

Foto: Fadli Zon. (Danang/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Fadli Zon akhirnya buka suara terkaitsimpang siur pemberitaan surat pimpinan DPR mengenai permintaan penundaan pemeriksaan Setya Novanto oleh KPK.

“Surat itu, surat biasa. Hanya meneruskan aspirasi atau pengaduan masyarakat kepada instansi terkait. Hanya, karena kebetulan pengadunya adalah Setya Novanto, tanggapan mengenai surat itu akhirnya jadi perhatian dan ditafsirkan beragam,” ujarnya melalui Rilis yang diterima wartawan, Kamis (14/9/2017).

Dia menjelaskan tidak benar jika surat tersebut bertujuan untuk melakukan intervensi terhadap kasus yang telah berjalan di KPK.

“Silakan Anda baca saja isinya. Tidak benar jika surat itu dianggap ingin mengintervensi KPK,” sambung dia.

Menurut dia, kegiatan meneruskan aspirasi semacam itu merupakan hal biasa. Sesuai dengan UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), misalnya Pasal 81, anggota DPR memang berkewajiban menampung dan menindaklanjuti pengaduan dari masyarakat.

Setiap pimpinan DPR juga menjalankan fungsi itu, sesuai dengan bidang yang dibawahinya. Kata dia, kebetulan dirinya membawahi bidang politik, hukum, dan keamanan.

“Karena bidang saya membawahi hukum, itu juga sebabnya kenapa pengaduan Saudara Setya Novanto itu masuknya ke meja saya, bukan ke meja pimpinan dewan yang lain,” tutupnya. (*/Dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.