Selasa, 20 Oktober 2020

Iklan Online Naik, Nielsen: Gaya Hidup Konsumen Ke arah Digital

Iklan Online Naik, Nielsen: Gaya Hidup Konsumen Ke arah Digital

Foto: Ilustrasi (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Perusahaan periset pasar, Nielsen Indonesia menyebutkan, iklan dari sektor telekomunikasi dan layanan online mendorong pertumbuhan belanja iklan periode Januari-Juli 2017 yang naik 6% menjadi Rp82,1 triliun. Menurut Nielsen, gaya hidup konsumen yang mendekat ke arah digital membuat kedua sektor itu gencar berpromosi di media.

Berdasarkan riset Nielsen Advertising Information Services yang dirilis Rabu ini, pada periode Januari sampai Juli 2017, ada beberapa kategori produk yang mendorong pertumbuhan. Produk itu di antaranya telekomunikasi dan layanan online, masing-masing tumbuh 32 persen dan 31 persen hingga mencapai Rp 3,7 triliun serta Rp 3,2 triliun. Selanjutnya, kategori snack seperti biskuit serta cookies naik 25 persen menjadi Rp 2,6 triliun.

Hellen menjelaskan, pertumbuhan belanja iklan pada sektor telekomunikasi dipengaruhi oleh beberapa merek ponsel. Sedangkan untuk layanan online, tiga pengiklan terbesar adalah Traveloka, Agoda, juga Shopee.

“Gaya hidup konsumen yang semakin mendekat ke arah digital memengaruhi ketatnya kompetisi para penyedia jasa telekomunikasi dan online khususnya e-commerce. Dengan begitu pengiklan semakin gencar beraktivitas di beragam media,” kata Hellen seperti dikutip Republika.

Nielsen Indonesia mengungkapkan, belanja iklan di televisi dan media cetak periode Januari-Juli 2017 mencapai Rp82,1 triliun. Angka tersebut meningkat 6% dibandingkan periode sama tahun lalu, disebabkan adanya kenaikan tarif.

Menurut Nielsen Indonesia, belanja iklan secara garis besar masih menunjukkan tren peningkatan untuk periode Januari sampai Juli 2017. Dibandingkan periode serupa pada 2016, pertumbuhan belanja iklan tahun ini bergerak positif sebesar enam persen.

Executive Director Head of Media Business Nielsen Indonesia Hellen Katherina mengatakan, peningkatan itu lebih dipengaruhi oleh kenaikan tarif. Dengan kenaikan tersebut maka, sepanjang Januari hingga Juli 2017, belanja iklan di televisi (TV) dan media cetak mencapai Rp 82,1 triliun.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.