Minggu, 25 Oktober 2020

Kejar Kunjungan Wisman, Pemkot Siapkan Stunning Bandung

Kejar Kunjungan Wisman, Pemkot Siapkan Stunning Bandung

Foto: Wakil Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial. (Ariesmen/swamedium)

Bandung, Swamedium.com – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata telah menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (Wisman) pada tahun 2019. Pemerintah Kota Bandung, mendukung lewat program “Stunning Bandung: Where the wonders of West Java begins.” Nama tersebut bermakna, Bandung sebagai gerbang pariwisata Jawa Barat.

Wakil Walikota Bandung Oded M Danial mengatakan guna menyukseskan program pemerintah tersebut, Pemkot Bandung telah memilih nama-nama dan logo baru untuk branding 10 destinasi wisata Indonesia.

“Kita terus programkan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Kita lakukan penguatan terutama karena Kota Bandung ini sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa, tinggal bagaimana kita bisa memberdayakan desinasi ini lebih baik lagi,” tutur Oded usai menghadiri Sosialisasi Branding Destinasi Bandung di Hotel El Royale, Jalan Merdeka No. 2 Bandung, Kamis (14/9).

Ke depannya, lanjut Oded, Bandung tengah memprogramkan untuk membuat kampung-kampung wisata di tiap kecamatan. Ia berharap, kampung wisata bisa menambah destinasi wisata sekaligus memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Kampung wisatanya tematik, harapannya ada di tiap kecamatan,” imbuh Oded.

Selain kampung wisata, Bandung yang telah terkenal sebagai kota jasa yang juga banyak menyediakan wisata hiburan dan MICE (Meeting, Incentives, Conventions, and Exhibitions).

Kota Bandung sendiri, tambah Oded memiliki 10 museum, 280 tempat hiburan, 600 bangunan cagar budaya, 1200 kafe dan restoran, serta 20 taman kota tematik yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

“Kami pun sangat bersyukur karena berbagai upaya tersebut telah membuahkan hasil signifikan, diantaranya angka kunjungan wisata tahun 2016 yang mencapai 6,9 juta wisatawan dari target 5,6 juta,” ucap Oded.

Di sisi lain, Kepala Bidang Departemen Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Iwan Darmawan mengatakan, setelah Stunning Bandung ditetapkan sebagai branding, pemerintah pusat maupun daerah tinggal merancang serangkaian proses untuk mempromosikannya. Menurutnya, ada banyak hal yang harus diperhitungkan dalam upaya promosi tersebut.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.