Selasa, 20 Oktober 2020

MK Dengarkan Keterangan Saksi dan Pihak Terkait di Sidang Perppu Ormas

MK Dengarkan Keterangan Saksi dan Pihak Terkait di Sidang Perppu Ormas

Foto: Sidang uji materill Perppu Ormas di Mahkamah Konstitusi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang terkait permohonan uji materil Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat. Sidang uji materiil itu memiliki nomor 38, 39, 41, 48, 50, 52/PUU-XV/2017.

Menurut kuasa hukum pemohon, Ismail Yusanto, Yusril Ihza Mahendra mengatakan, agenda sidang kali ini akan mendengarkan keterangan saksi ahli dan pihak terkait.

“Sidang hari ini akan mendengarkan keterangan dua ahli yakni Abdul Khair dan Irman Putra Sidin. Di mana satu ahli pidana materil dan satu lagi di bidang hukum tata negara dan administrasi negara,” kata Yusril di Gedung MK, Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

Dikatakan Yusril, saksi ahli Abdul Khair akan menjelaskan aspek-aspek pidana apa saja terkait Perppu Nomor 2 tahun 2017, terutama terkait dengan ancaman pidana Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dituduh meyakini mengembangkan dan menyebarkan paham tentang Pancasila.

“Itu yang akan diterangkan olehnya,” ujar Yusril.

Sedangkan Irman Sidin akan menjelaskan alasan kegentingan yang memaksa untuk menerbitkan Perppu Ormas. Irman juga akan memberikan keterangan tentang penghapusan peran dari pengadilan, demikian dikatakan Yusril.

“Kalau Pak Irman akan menerangkan apakah cukup alasan kegentingan yang memaksa untuk menerbitkan Perppu ini dan kemudian juga tentang penghapusan peran dari pengadilan dalam menilai apakah satu ormas itu melanggar UU Ormas sehingga pemerintah memang berwenang untuk mengeluarkannya apa tidak jadi itu yang akan diterangkannya,” katanya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.