Minggu, 25 Oktober 2020

Kementerian Kelautan dan Perikanan Akan Pensiunkan 1000 PNS

Kementerian Kelautan dan Perikanan Akan Pensiunkan 1000 PNS

menteri susi tawarkan program pensiun dini di kementeriannya

Jakarta, Swamedium.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengadakan program pensiun dini atau golden shake hand untuk pegawai negeri sipil (PNS) yang berusia 50 tahun keatas. Tujuan program itu untuk mewujudkan efisiensi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Program pensiun dini itu akan dilakukan bertahap selama tiga tahun dengan target 1.000 orang PNS yang berusia lanjut atau diusia 50 tahun keatas.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, program itu akan dilaksanakan setelah aturannya disahkan oleh Presiden Joko Widodo.

“KKP mau Golden Handshake bertahap selama tiga tahun sebanyak 1.000 orang. Ini khusus untuk yang 50 tahun ke atas, ini kita harapkan pensiun dini. Lalu rasionalisasi berdasarkan kualitas. Di atas 50 tahun dengan masa kerja di atas 10 tahun,” ujar Susi, Kamis (14/9).

Menurut Susi, Golden Handshake tersebut sejalan dengan penerimaan CPNS sebanyak 329 orang tahun ini. Hal tersebut juga sejalan dengan cita cita pemerintah menuju efisiensi dan peningkatan kualitas SDM.

“Memang rencana kita, dengan 1.000 Golden Handshake program, kita bisa rekrut sepertiganya (CPNS). Jadi kemampuan yang lebih baik, tapi SDM juga sedikit berkurang. Itu sesuai dengan spirit pemerintah menuju efisiensi dan peningkatan kualitas SDM,” jelasnya.

Susi menambahkan, aturan ini sebenarnya sudah lama dibahas sejak dirinya memimpin KKP. Dia berharap dengan adanya efisiensi pegawai dan peningkatan kualitas SDM di kementerian-nya akan memberi dampak positif bagi kualitas pelayanan.

“Efisiensi dari jumlah, tapi kualitas pelayanan naik. Karena kualitas manusianya naik. Ini sudah digodok sejak awal saya di KKP. Setiap tahun kita akan adakan program itu. Perlahan tapi pasti KKP akan melakukan peningkatan kualitas,” jelasnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.