Minggu, 25 Oktober 2020

Komisi IX Minta Pemerintah Bertindak Terkait Obat PCC

Komisi IX Minta Pemerintah Bertindak Terkait Obat PCC

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Banyaknya laporan mengenai penyalahgunaan Obat Paracetamol Cafein Carisoprodol (PCC) membuat Komisi IX DPR meminta pemerintah segera melakukan tindakan.

“Banyak orang tua yang telah memberikan pernyataan terkait anaknya yang menjadi korban,” ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/9/2017).

Dia menjelaskan jika komisi IX DPR RI sempat membicarakan masalah benar atau tidaknya info tersebut.

“Namun setelah beberapa teman mencoba mengkonfirmasi, kelihatannya berita itu benar,” jelasnya.

Dia bahkan meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan langkah yang diperlukan untuk mencegah peredaran obat tersebut. Apalagi, obat tersebut dikabarkan berasal dari luar negeri.

“Obat yang tidak terdaftar di BPOM saja tidak boleh beredar, apalagi obat yang berbahaya seperti ini. Harus ditemukan latar belakang pengedaran obat itu di kalangan para remaja,” kata politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sebelumnya puluhan anak dirawat intensif di Kendari, Sulawesi Tenggara setelah mengkonsumsi obat PCC itu. Mereka mengkonsumsi obat itu mengalami gejala seperti mengamuk, tidak waras dan memberontak, sebagaimana mirip pengguna narkoba Flakka. Satu orang di antaranya meninggal dunia. (*/Dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.