Minggu, 25 Oktober 2020

Bisnis Lesu, Matahari akan Tutup Dua Gerainya

Bisnis Lesu, Matahari akan Tutup Dua Gerainya

Jakarta, Swamedium.com – Daya beli lesu dan bergesernya gaya hidup berbelanja dari konvensional ke online berdampak pada kinerja bisnis ritel. Salah satunya, PT Matahari Department Store Tbk yang akan menutup dua gerainya di Pasar Raya Blok M dan Manggarai pada akhir September 2017.

Sekretaris Perusahaan Miranti Hadisusilo mengatakan, keputusan ini diambil karena perusahaan menganggap dua gerai tersebut tidak memberikan kontribusi pendapatan signifikan.

“Ditutup karena mall yang sepi sehingga mengakibatkan kinerja kedua gerai tersebut tidak sesuai target manajemen,” kata Miranti kepada CNNIndonesia.com, Jumat (15/9).

Dia menjelaskan, tutupnya dua gerai itu akan menjadi penutupan pertama yang dilakukan perusahaan tahun ini. Saat ini, perusahaan masih mengoperasikan kedua gerai tersebut dan memberikan diskon hingga 75 persen kepada konsumen guna menghabiskan stok barang.

Kendati ada penutupan gerai, Miranti menegaskan, pihaknya masih optimis dengan kinerja perusahaan dan daya beli masyarakat hingga akhir tahun ini. Terbukti, Matahari Department Store akan menambah tiga gerai baru sampai Desember 2017 nanti.

Dengan demikian, perusahaan akan memiliki delapan gerai baru jika rencana itu terealisasi. Pasalnya, manajemen telah membuka lima gerai yang berada di Jawa dan Sumatera pada awal tahun ini.

Menanggapi penutupan dua gerai Matahari itu, Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Stephane Deutsch mengatakan, penutupan gerai toko ritel merupakan hal yang wajar. Bahkan, kata dia, ditutupnya beberapa gerai HERO di tahun 2015 juga lantaran kondisi perseroan yang sedang sulit.

“Pada 2015 memang kondisi lagi berat dan kami rasionalisasi toko dan ada beberapa toko yang ditutup,” kata dia dalam acara Paparan Publik di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat. (*/maida)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.