Minggu, 25 Oktober 2020

Kenali Jahatnya Pil PCC dan Selamatkan Anak Anda

Kenali Jahatnya Pil PCC dan Selamatkan Anak Anda

Mengenal pil pcc dan bahayanya bagi tubuh. (*)

Jakarta, Swamedium.com – Masyarakat, terutama para orang tua sedang cemas dengan kabar peredaran Pil PCC yang telah menelan korban jiwa dan sakit terhadap para siswa Sekolah Dasar (SD) di Kendari dan Sulawesi Tenggara. Banyak yang penasaran, sebenarnya Pil PCC itu apa dan mengapa bisa sampai membuat orang meninggal dunia.

Mirisnya, penyalahgunaan obat ini justru banyak terjadi di kalangan siswa SD dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dipastikan pengedar punya motif ingin merusak generasi muda. Sebab, korban PCC akan berhalusinasi dan melukai diri sendiri.

Informasi soal Pil PCC berikut korban-korbannya yang beredar luas di media sosial telah berhasil meneror para orang tua yang mencemaskan keselamatan anak-anaknya.

Sebagaimana dirilis oleh Klikdokter, sebenarnya pil PCC ini adalah campuran obat yang terdiri atas paracetamol, caffeine, dan carisoprodol. PCC bekerja menghambat sinyal nyeri dari tulang belakang dan otak.

Campuran paracetamol dan caffeine telah banyak diketahui dan diperjualbelikan secara bebas untuk meredakan nyeri. Keduanya tidak berpotensi menimbulkan bahaya yang serius, atau tidak termasuk dalam kategori obat keras.

Sedangkan carisoprodol merupakan muscle relaxant yang digunakan untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat nyeri akut muskuloskeletal pada orang dewasa. Obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya dokter hanya menyarankan dua hingga tiga minggu pemakaian.

Pil PCC termasuk obat keras yang tidak diperjualbelikan secara bebas. Artinya, Anda memerlukan izin serta resep dokter. Lantas, apa bahayanya bila pil PCC digunakan secara tidak tepat?

• Efek sedatif

Obat ini memiliki efek sedatif atau menenangkan yang cukup kuat, sehingga dapat membahayakan aktivitas –misalnya saat mengemudikan kendaraan.

Pages: 1 2

Related posts

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.