Sabtu, 24 Oktober 2020

Turis Malaysia Tertimpa Batu di Mahameru, Satu Orang Tewas

Turis Malaysia Tertimpa Batu di Mahameru, Satu Orang Tewas

Foto : Tim pendaki Swamedium yang terhenti di kaki gunung Semeru (tim liputan swamedium)

Malang, Swamedium.com — Saat rekreasi bersama keluarga, merupakan saat dimana waktu berharga. Satu keluarga asal Malaysia tertimpa musibah ketika sedang mendaki gunung Semeru yang berada di Ranupane, Malang, Jawa Timur.

Menurut keterangan di lapangan oleh tim pendaki Swamedium, awal kejadian satu keluarga turis asal Malaysia ini mendaki gunung Semeru bersama dua pemandu wisata asal Surabaya, Jawa Timur. Tiba di puncak Mahameru pada tanggal 12 September 2017 pukul sebelas siang. Selepas dari puncak satu keluarga asal Malaysia dan dua pemandu wisata turun dari puncak Mahameru.

Ketika sedang turun dari puncak Mahameru, ada batu besar menggulir dari atas menuju satu keluarga asal Malaysia dan dua pemandu wisata tersebut. Sayangnya, batu yang menggulir itu menghantam kaki dari keluarga asal Malaysia yang menyebabkan patah kaki.

Naasnya, seorang pemandu wisata bernama Muhammad Ridwan asal Surabaya tewas terhantam batu ketika hendak membantu turis asal Malaysia tersebut dari batu yang menghantam kakinya. Untungnya, musibah ini terdengar sampai pos pantau TNBTS di Ranupane dan mengirim tim evakuasi menuju lokasi kejadian di gunung Semeru. Salah satunya adalah Suprayit, warga yang berusia 45 tahun asal Ranupane, Malang Jawa Timur

“Korban berhasil dievakuasi dari Pos Kalimati menuju ke Resort Ranupani pada Rabu sekitar pukul 13.30 WIB, kemudian diperiksa oleh bidan desa setempat dan dinyatakan sudah meninggal dunia,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Budi Mulyanto saat dihubungi di Lumajang, Jawa Timur, Rabu malam, 13 September 2017, dilansir Antara.

Budi mengatakan, petugas TNBTS sudah mengimbau para pendaki terkait dengan batas aman jalur pendakian Gunung Semeru, yakni 1 kilometer dari kawah aktif sesuai dengan rekomendasi PVMBG. Karena itu, batas pendakian aman yang disarankan hanya hingga Pos Kalimati.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.