Senin, 26 Oktober 2020

Banyak Aktivis Terjerat Hukum, ACTA Gugat UU ITE ke MK

Banyak Aktivis Terjerat Hukum, ACTA Gugat UU ITE ke MK

Foto: Advokat Cinta Tanah Air (ACTA). (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Merasa prihatin dengan banyaknya aktivis yang terjerat hukum terkait Undang-undang Informasi Teknologi Elektronik (ITE), Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) berencana mengajukan permohonan gugatan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua Dewan Pembina ACTA, Habiburokhman mengatakan, pihaknya bakal menggugat ketentuan yang ada pada Pasal 28 ayat (2) UU ITE.

“Prihatin banyak aktivis yang terjerat karena mengkritik di media sosial,” kata Habiburokhman dalam keterangan persnya, Senin (18/9).

Ketua bidang Advokasi Hukum Partai Gerindra itu juga mengatakan, gugatan atau pendaftaran uji materi akan dilakukan ACTA pada hari ini, Senin (18/9) sekira pukul 11.00 WIB.

Penerapan UU ITE menuai polemik di masyarakat. Sebagian masyarakat berpendapat pro atau mendukung namun sebagian yang lain menolak atau kontra terhadap pemberlakukan UU ITE kepada pendapat-pendapat yang dikemukakan melalui media sosial.

Beberapa pihak menilai penerapan pasal ini efektif untuk mengurangi aksi ujaran kebencian dan fitnah di media sosial. Sebaliknya, sejumlah kalangan masyarakat menilai penerapan pasal ini membungkam suara kritis dalam demokrasi yang sedang berkembang di Indonesia. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.