Selasa, 20 Oktober 2020

Kapolda Metro Jaya Sampaikan Kronologi Kerusuhan di Kantor YLBHI

Kapolda Metro Jaya Sampaikan Kronologi Kerusuhan di Kantor YLBHI

Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis (kanan). (Okezone)

Jakarta, Swamedium.com — Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham azis menjelaskan kronologi kejadian saat terjadinya kerusuhan di depan Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) yang dilakukan oleh kelompok massa dari beberapa organisasi pada Minggu (17/9) kemarin. Massa yang mendatangi Kantor YLBHI menganggap bahwa di dalam gedung YLBHI tersebut sedang digelar acara berbau PKI dan komunis.

“Sekira jam 23.00 sekelompok massa berusaha untuk merangsek masuk ke dalam kantor LBH. Namun, saya berada di situ bersama bapak Kapolres, Dandim Jakpus memberikan pemahaman dan pengertian bahwa di kantor LBH tidak ada kegiatan seminar tentang PKI seperti yang disampaikan kelompok massa,” ucap Idham di Mapolda Metro Jaya, Senin (18/9).

Baca Juga: Ini Kesaksian Warga Soal Aksi Pembubaran Acara PKI di LBH Jakarta

Saat kejadian tersebut pihaknya sudah bertemu dengan para ketua kelompok untuk memberikan pemahaman kepada massa tersebut.

“Saya utus Kapolres dan Dandim masuk, mereka juga ngerti. Sekitar jam 12 mereka kembali lagi, namun ada beberapa massa di luar dari kelompok-kelompok ini yang berusaha tetap ingin masuk ke dalam kantor LBH dengan membuat dan melakukan tindakan anarkis,” lanjutnya.

Idham juga menjelaskan, saat melakukan pengamanan, 5 anggota kepolisian mengalami luka-luka akibat adanya aksi pelemparan botol kepada anggota kepolisian yang tengah berjaga, sehingga pihaknya harus mengambil tindakan represif untuk membubarkan aksi tersebut.

“Karena situasi tidak memungkinkan, akhirnya kita bubarkan melalui water canon,” pungkasnya. (Yog)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.