Senin, 19 Oktober 2020

Lagi, Kesaksian Warga Soal Aksi Anti PKI di Kantor YLBHI

Lagi, Kesaksian Warga Soal Aksi Anti PKI di Kantor YLBHI

Foto: Salah satu pengisi acara Seminar di Kantor YLBHI mengenakan kaus hitam bergambar wajah Karl Marx. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Sebuah seminar berbau komunis dan PKI yang bertajuk “Pelurusan Sejarah 1965/1966” di Gedung YLBHI, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat sempat dibubarkan oleh kepolisian pada Sabtu (16/9) lalu, namun kembali digelar di tempat yang sama, Minggu (17/9) malam. Hal ini mengundang reaksi ratusan massa yang terdiri dari sejumlah aktifis dan warga setempat kembali mendatangi lokasi digelarnya acara.

Kesaksian dari salah satu sumber Swamedium.com di lapangan mengatakan, pukul 21.53 WIB saat itu massa sudah ada yang berkumpul di sekitar gedung YLBHI. Terlihat di lokasi beberapa elemen yang hadir terdiri dari berbagai ormas, diantaranya Bang japar, FBR, FPI, masyarakat umum, dan juga mahasiswa. Disebutkan sumber tersebut, aparat kepolisian yang berjaga mencapai ratusan personel.

“Massa dari berbagai elemen itu mencoba meminta untuk masuk ke dalam gedung LBH dimana terdapat ratusan peserta seminar yang diduga terkait PKI,” kata sumber itu.

Permintaan massa itu dihalangi dan ditolak oleh aparat kepolisian yang tengah berjaga. Kemudian, Kapolres Jakarta Pusat bernegosiasi dengan pihak panitia acara tersebut agar dapat menerima perwakilan massa untuk masuk ke dalam gedung LBH.

“Negosiasi menemui jalan buntu. Panitia tidak bersedia menerima perwakilan dari massa anti PKI. Massa merasa kecewa, karena aparat tidak bisa bertindak tegas terhadap mereka yang notabene terkait partai komunis yang terlarang. Dan merasa bahwa aparat terkesan berpihak pada yang punya acara,” jelas sumber itu.

“Situasi semakin memanas, aksi saling dorong pun terjadi. Diamankan 2 provokator yang terlihat sangat vokal mencaci maki aparat dan peserta seminar. Situasi mereda saat Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang tiba di lokasi dan berjanji akan menerima beberapa perwakilan dari massa anti PKI,” ujar sumber itu lagi. (Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Sampaikan Kronologi Kerusuhan di Kantor YLBHI)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.